Jumat, 05 Februari 2016

Menghadapi Gangguan Operasional Commuterline


"Mohon maaf jalur satu tujuan jakarta kota belum dapat diberangkatkan dikarenakan adanya gangguan sinyal"

Sering kali Saya kurang beruntung saat berangkat kerja menggunakan moda transportasi Commuterline, karena gangguan operasional, kereta yang saya tumpangi berhenti di tengah jalan. Banyak penumpang lain yang sama kecewanya dengan Saya, tapi apa boleh buat, tidak ada yang bisa dilakukan selain berdoa dan menunggu supaya gangguan bisa segera diperbaiki dan kereta dapat beroperasi kembali. 

Biasanya penumpang mengeluh karena bosan menunggu atau mungkin buru - buru ke tempat yang dituju, ada yang mengeluh baterai smartphonenya lowbatt, kehausan bahkan ada yang mengeluh kelaparan karena lupa sarapan. Saya hanya tersenyum dan teringat nasib Saya dulu sama seperti mereka tapi sekarang tidak lagi, Karena Saya sudah mempersiapkan semuanya dari rumah. 

Wait... Maksudnya bagaimana? Yups... Berhubung sudah sekitar 1 tahun Saya menggunakan moda transportasi commuterline untuk perjalanan menuju dan dari kantor, jadi Saya punya sedikit tips untuk diri sendiri dalam menghadapi gangguan operasional pada commuterline. Berikut tipsnya yang berhasil saya terapkan.

1. Berpakaian Yang Nyaman
Saya selalu memilih baju yang nyaman saat menggunakan moda transportasi commuterline, karena berpakaian yang nyaman dapat menstabilkan good mood Saya serta tidak cepat terjun bebas menuju bad mood. Saya memilih bahan baju yang menyerap keringat, seperti memakai baju berbahan katun rayon atau spandek rayon yang biasa Saya pakai.


2. Sepatu yang nyaman
I'm working mom but i look like teenager. Yes... Saya memilih menggunakan sepatu kets daripada pakai high heels maupun wedges, karena sepatu kets memudahkan kita bergerak cepat dan menghindari kaki terinjak penumpang lain, yakinlah jika ada gangguan operasional penumpang yang naik di stasiun berikutnya akan menumpuk,penumpang lain tidak segan berjuang masuk ke dalam gerbong Commuterline dan kaki kita jadi sasaran empuk terinjak. Biasanya Saya menyimpan wedges dan high heels di kantor, jadi saat sampai kantor Saya langsung berganti sepatu. 



3. Isi Penuh Baterai Smartphone
Saya pernah lupa mengisi penuh baterai dan BIG NO, selain komunikasi Saya dengan keluarga dekat jadi terputus, Saya juga ngga bisa bermain game kesukaan Saya untuk menghibur diri sambil menunggu gangguan operasional commuterline diperbaiki. Jadi, jangan lupa isi penuh baterai smartphone.


4. Powerbank
Walau sudah terisi penuh baterai smartphone, namun kadang gangguan operasional commuterline tidak dapat diprediksi lama perbaikannya, tanpa sadar baterai smartphone tinggal sedikit. Powerbank adalah penyelamat smartphone yang tersisa sedikit baterainya. Saya memilih powerbank berkapasitas cukup besar, jadi walau gangguan operasional commuterline lama, smartphone tetap aman standby untuk digunakan. 



5. Air Minum
Percayalah, saat gangguan operasional commuterline, ingin rasanya turun dan menuju minimart untuk menghilangkan haus. Sekarang Saya selalu menyediakan air minum di tas dari rumah untuk persiapan dari segala hal yang tidak diinginkan termasuk gangguan operasional commuterline.



6. Cemilan
Sering kali gangguan operasional commuterline terjadi pada jam padat di pagi hari, Saya tipe orang yang sarapan setelah sampai kantor, jadi saat terjadi gangguan operasional commuterline, pasti rasa lapar tidak dapat di tolak, cemilan kecil di tas cukup membantu untuk persiapan di saat dibutuhkan. 



7. Surat Keterlambatan
Di stasiun biasanya disiapkan surat keterlambatan yang menginformasikan adanya gangguan operasional commuterline jadi bagi penumpang yang membutuhkan bisa langsung meminta sebagai bukti adanya keterlambatan kereta api.


8. Tas Ransel
Saya suka menggunakan tas ransel saat berpergian menggunakan commuterline, di samping semua barang muat dalam tas ini, saat kondisi gerbong penuh penumpangpun Saya lebih mudah memeluk tas ransel Saya dan melindungi seluruh isi dalam tas. 


9. Ojek Online
Kebetulan jarak stasiun commuterline dengan kantor Saya cukup jauh, jadi saat - saat seperti ini Saya membutuhkan transportasi yang lebih cepat untuk mengurai macet ibukota. Saya memilih ojek online, di samping tarifnya tidak jauh berbeda dengan ongkos angkot yang biasa Saya gunakan sampai ke kantor, ojek online juga mempercepat Saya sampai kantor walau safety juga harus di utamakan.


Adakah mama papa memiliki tips yang sama dengan Saya? Pasti saat ini lebih nyaman kan menghadapi gangguan operasional commuterline :)

11 komentar:

  1. Saya keseringan naik gojek Mbak kalau manggarai kereta bekasinya lama hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membantu sekali ya Mbak Titis naik gojek, Gojek/Grabbike juga jadi andalan Saya tiap hari :)

      Hapus
  2. Good story and tips... pasti banyak manfaatnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mas Abu, semoga menambah semangat naik commuter line :)

      Hapus
  3. keren-keren tips-nya...
    Surat Keterangan Terlambat itu sesuatu yang diperlukan sekali, saya baru tahu ada spt itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Pak Fitra, Keren ya Pak Fitra ada Surat Keterangan Keterlambatan, makin keren memang commuter line kita :)

      Hapus
  4. Sama pipis dulu sebelum naik CL. Pernah itu saya nahan pipis dari bekasi sampe kota dan itu sangat menyiksa :(

    Sama air minum, ini juga nih pernah ngalamin pas puasa tahun kemarin, sampe nahan2 pengen pingsan gara2 lupa beli buka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Mbak Ipeh, kebayang ya nahan pipis yang ngga banget, makasih untuk tambahannya mbak Ipeh. Air Minum is Must, apalagi kalau seharian puasa, hebat lho Mbak Ipeh bisa nahan pengen pingsan ( kebayang suasana dalam gerbong )

      Hapus
  5. Keren, konsisten nulis ttg berkomuter line. Kmrn sempet bingung gitu, krn gak biasa. Bagaimana beli tiketnya (di St Sudirmann pake mesin tiket) dan harus kemana arahnya. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbak Anne. Makin keren dan memudahkan penumpang Mbak, ajak si kecil naik commuter line juga nyaman sekarang :)

      Hapus
  6. Aqu baru tau mba ada surat keterlamabatan itu :) nice tips mba tp satu lagi mba mesti sabar jg hhehehe

    BalasHapus