Senin, 04 Juli 2016

[Giveaway] Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Libur lebaran Idul Fitri tiap tahun selalu dinanti untuk bersilaturahmi ke sanak saudara terdekat maupun jauh, yang paling menyenangkan tahun ini adalah hari libur cukup panjang karena bersamaan dengan libur kenaikan kelas anak sekolah, banyak orangtua yang memanfaatkan libur tahun ini untuk mudik ke kampung halaman. 

Persiapan mudik pastinya sudah disiapkan jauh - jauh hari sebelum hari keberangkatan supaya dalam perjalanan menuju kampung halaman berjalan lancar dan nyaman, namun kadang kita melupakan hal yang perlu diperhatikan juga, yaitu meninggalkan rumah dalam keadaan aman untuk waktu yang relatif lama.

Tahukah mama papa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum meninggalkan rumah sehingga mama papa nyaman dan tenang saat di perjalanan mudik.

Berikut tips yang Saya terapkan ketika Saya meninggalkan rumah saat mudik :

1. Peralatan Elektronik.
Sebagian besar mama papa pasti sudah mengetahui jika sebelum meninggalkan rumah sebaiknya memastikan telah mematikan dan mencabut seluruh peralatan elektronik yang menyambung ke arus listrik. Hal ini untuk menghindari arus pendek yang mengakibatkan kebakaran.


2. Tabung Gas.
Saat saya mudik, tabung gas utama yang mengalir ke kompor selalu Saya lepas dari selang kompornya, untuk menghindari gas bocor dan menyebabkan hal yang tidak diinginkan seperti ledakan ataupun kebakaran.

3 Kunci - Kunci
Saya selalu memastikan lemari - lemari, tempat barang berharga serta pintu telah terkunci rapat dengan benar, ada baiknya jika kunci - kunci tidak digabungkan dan disimpan di satu tempat saja, kunci - kunci dapat disimpan di beberapa tempat berbeda untuk mempersulit oknum yang ingin berbuat tidak baik.

4. Lampu Penerangan 
Perbanyak lampu penerangan di luar rumah dan biarkan 1 lampu yang menyala di dalam rumah saat mama papa mudik, hal ini memudahkan bagian keamanan ( security ) rumah untuk mengawasi sekitar rumah yang kosong dan menghindari oknum yang berniat kurang baik. Sebaiknya memilih lampu yang dilengkapi sensor mati dan menyala secara otomatis saat siang dan malam. 


5. Pengamanan MBC Listrik.
Suami Saya membuat ekstra pengamanan listrik dengan memasang pengamanan MBC listrik dan membagi menjadi beberapa bagian, seperti bagian AC, pompa air, kulkas  dan lampu. Biasanya suami mematikan sebagian besar tombol dan hanya mengaktifkan bagian kulkas dan lampu saja untuk penerangan sehingga rumah tetap dalam keadaan terang dan hal ini juga meminimalkan korsleting seluruh bagian yang dapat fatal akibatnya.


6.Grup Chat Blok
Para mama di blok rumah Saya berinisiatif membuat grup chat, supaya kami dapat berbagi informasi jika ada hal yang mencurigakan, saling mengingatkan dan untuk menginformasikan  rumah siapa saja dalam keadaan kosong dan sedang mudik.




















7. Memasang Portal 
Memasang portal di blok adalah salah satu cara agar lingkungan sekitar rumah aman dari oknum yang berniat tidak baik, dan pembatasan keluar masuk orang yang kurang bertanggung jawab dapat berkurang dan dapat diawasi dengan baik. 



8. Menginformasikan dan Menitipkan.
Terakhir dan salah satu yang cukup penting adalah menginformasikan dan menitipkan pada security sekitar rumah serta tetangga mama papa jika akan mudik dan meninggalkan rumah dalam waktu yang relatif lama, informasikan nomor telpon yang dapat dihubungi supaya komunikasi tidak terputus dan memudahkan bagian keamanan untuk menginformasikan secara cepat jika ada hal yang mencurigakan. 

Adakah mama papa yang mau berbagi tips aman meninggalkan rumah saat mudik yang sering diterapkan di keluarga ?


Ikut Giveaway nya Yuk, ada voucher belanja dan voucher makan untuk Mama Papa. 
Sssttt.... ada beberapa boneka cantik Zatagirlythings dari www.zataligouw.com dan ada hadiah lain juga lho...

CARANYA IKUTAN #GIVEAWAY #RumahAmanSaatMudik

1. Gampang banget! cuma perlu ninggalin komentar di artikel ini  tips aman meninggalkan rumah saat mudik.

2. Follow akun twitter @mamaayuutami @zataligouw @zatagirlythings



3. Follow Instagram mamaayuutami zataligouw polderstore



4. Share link giveaway ini di akun sosial media kamu (boleh twitter, Instagram atau semuanya) dan beri hastag #GiveAway #RumahAmanSaatMudik
 dan mention atau tag @mamaayuutami


5. Periode giveaway ini berlangsung dari tanggal 04 Juli 2016 sampai dengan tanggal  31 Juli 2016. Pengumuman tanggal 5 Agustus 2016 di blog ini dan diumumkan via sosial media @mamaayuutami

6. Pemenang akan mendapatkan hadiah :






Pemenang 1
Voucher Sodexo senilai IDR 100,000
1 Boneka Zatagirlythings
4 Pelindung kabel warna warni

Pemenang 2
Voucher Eat & Eat senilai IDR 100,000
1 Boneka Zatagirlythings
3 Pelindung kabel warna warni

Pemenang 3
Voucher Sodexo senilai IDR 50,000
3 Pelindung kabel warna warni

Nanti akan dipilih 15 tips terbaik, lalu akan diundi untuk mendapatkan 3 Pemenang. 

Nah, tunggu apa lagi, ikutan yukkk... :D


40 komentar:

  1. Tambahan tips bun: mendoakan rumahnya biar dijagain Tuhan hehehr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Neng Aan, setuju itu yang paling penting sepertinya hihihi. Makasih untuk tipsnya ya Neng Aan :)

      Hapus
  2. rata2 semua aku lakuin juga tips di atas :). palingan tambah 1, pasang alarm mbak :).. dan ada cctv yg bisa kita cek stiap saat krn terhubung ama hp kita..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Fanny, alarm dan cctv juga perlu ya, jadi tetap bisa monitor keadaan rumah dari jauh. Makasih untuk tipsnya ya Mbak Fanny :)

      Hapus
  3. Ayuuu, tipsnya kepake bgt. Kadang kita udah mrasa tau ya tapi tetep aja sering ada yg kelupaan kalo gak diingetin kayak gini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak Zata, perlu saling ngingetin hal - hal sepertinya ya :D

      Hapus
  4. aku sama deh sama yang diatas grup chat blok..menarik bisa diusulkan nih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Prana, biasanya para mama lebih peka lho dengan hal - hal yang mencurigakan, pengalaman pribadi soalnya hihihi. Makasih sudah mampir mbak Prana :)

      Hapus
  5. Tips tambahan, yg biasa dilakukan mamaku & sekarang juga kulakukan. Taruh sandal di depan teras jangan cuma 1 pasang. Tapi banyak pasang, asal jangan kebanyakan. Biar keliatan ada penghuninya di dalam. :D

    Ohya, tips lain yg biasa kulakukan saat mudik. Motor2 kugembok rantai. Kalau bapakku ekstrim lagi, satu ban motor dilepas. Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide bagus ya Mbak Noni, taruh sandal di depan rumah, tapi sendalnya jangan yang mahal mbak Noni,nanti hilang :D, ahahhaha keren lho tips bapaknya, niat banget ya sampai lepas ban, memang harus selangkah lebih maju ya Mbak dari orang jahat hihihi. Makasih untuk tipsnya ya Mbak Noni :)

      Hapus
  6. Kalau tips dari saya tambahannya karena pasang cctv bugetnya lumayan, maka saya milih sewa orang sementara yang terpercaya buat jagain mba selain dijagain kan dibersihin pula jadi pas pulang mudik tinggal duduk manis hehhee.dan yang penting siy ga umbar2 di sosmed kita lagi mudik mengundang niat jahat hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang cctv budgetnya lumayan ya Mbak, wah asik juga ya bisa sewa orang terpercaya untuk jagain rumah sekaligus bersih bersih, sambil menyelam minum air ya hehehehe. Makasih untuk tipsnya ya Mbak Herva

      Hapus
  7. Hallo...setuju banget point 1-8. Kalau no 6, belum sih sampai bikin grup. No 8, titipnya ke tetangga aja. Soalnya titip ke Satpam malah takut. Pernah kejadian, di blok belakang, malah Satpamnya malingnya. Karena dia yang tahu rumah mana yang kosong. Tips tambahan, suami selalu masang radio yang ada siaran sandiwara keras-keras. Supaya seolah-olah ada orang ngobrol. Kalau di Bandung, ada tuh radio sandiwara bahasa Sunda. Kemudian, mobil atau motor dicabut kabel akinya. Supaya ga bisa distarter. Selamat mudik... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide bagus tuh Mbak Hani masang radio yang ada sandiwaranya, waduh satpamnya sendiri malingnya ya, perlu waspada ya Mbak Hani, Makasih untuk tipsnya ya Mbak Hani :)

      Hapus
  8. Setuju banget sama semua tipsnya mak Ayu, akupun melakukan hal-hal di atas.

    Untuk no.8 di lingkungan tempat tinggalku, selain titip satpam, bagi yang mudik juga wajib lapor pada pak RT dan jangan lupa menyimpan no hp security di ponsel.

    Untuk kendaraan roda 2 yang tidak dibawa saat mudik, baiknya dimasukkan ke dalam rumah atau titip ke saudara terdekat #kalo aku biasa nitip sama mertua >.<

    Tips tambahan untuk emak-emak: antisipasi mati listrik padahal nyimpen banyak makanan di kulkas>>> buat es batu yang banyak di freezer dan simpan botol-botol air pada kulkas bawah. Hahah OOT ya mak..

    Met Idul Fitri yaa Mak, maaf lahir batin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaaa' setuju banget Mak Dewi, musti buat es batu yang banyak ya, supaya padam listrik saat rumah kosong, isi dalam kulkas tetap terselamatkan, Makasih untuk tipsnya Mak Dewi. Mohon maaf lahir batin ya :)

      Hapus
  9. Sayaa setuju dari 1-8, sekedar tambahan untuk yang memiliki hewan peliharan. hewan peliharan bisa dititipkan kepada kerabat, kawan terdekat kita atau juga pada tempat penitipan hewan agar ada tetap yang merawat..Jangan sampai kita ninggalin hewan peliharan pas mudik, eh pas pulang-pulang mudik disambut hewan kita ngejolepak karena kelaparan ga ada yang kasih makan hiksss kan kasian :''.. Untuk tips yang no 8, keluarga saya biasanya menitipkn pada tetangga yang sudah dianggap keluarga. nanti sebagai bentuk terimakasih sudah menjaga rumah selama kami mudik, sudah pasti ada jatah oleh-oleh nya hehe. selain itu barang-barang berharga seperti lapotop dll, alangkah baiknya disimpan ditempat yang sangat aman,seperti dalam lemari atau apapun itu untuk meminimalkan kalo sekiranya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan..

    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya Mbak Alfia, kasian juga kalau hewan peliharaan kelaparan ya, jadi tenang ninggalin hewan peliharaan saat mudik.Makasih untuk tipsnya Mbak Alfia :)

      Hapus
  10. Tipsnya guna banget, sepertinya semua bisa dicoba tergantung kebutuhan ya..
    Kalau saya hanya melakukan 1-4 karena kebetulan kalau mudik deket2 jadi bisa pulang kapanpun.
    Kalau ibu mertua kasih tipsnya nyalain radio kalau mau pergi2, biar dikira ada orangnya. seperti mbak hany bilang,,itu mujarab juga. Lampu penerangan ini juga penting, apalagi yg pakai timer. Selain biar dikira ada orang yang nyalain-matiin lampu, juga bisa hemat biaya listrik plus hemat jam lampu (lampu kan ada masa jamnya).
    Kalau di grup sih nggak ada, soalnya kemarin katanya udah pada bikin grup (cuma saya belum masuk grup),,ee ternyata pada buat gosip aja,, hahaha (kata tetangga saya).
    Kasih jemuran diluar, tapi yang kaos-kaos biasa aja ya,,kalau dikasih yang bagus, ntar malah di-embat xixi,, untuk motor yang ditinggal di kunci stang terus pakai ditutup kuncinya (yang modell sekarang itu lo,,-maaf nggak tau namanya,,
    Taruh barang-barang berharga, misalnya emas2an di rak sepatu/dirak dapur-kitchenset/di tempat2 yang nggak resmi.
    Kalau pasang CCTV mungkin butuh biaya banyak, bisa lho beli cctv bekas yang sudah rusak terus dipasang aja di tempat-tempat yang diinginkan dan tuliskan "RUMAH INI DIPASANGI CCTV/KAMERA PENGINTAI",, jadi maling udah mikir duluan,,padahal mungkin nggak aktif tu CCTV hehe..
    Sekian, semoga bisa menambah referensi ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak Ari,biasanya ibu - ibu happy kalau ada group chat, mungkin harus diingatkan di awal tujuan buat group chat untuk apa supaya ngga kebablasan hihihi, jemurannya jangan yang mengundang untuk di embat ya mbak :D ,fake CCTV juga sudah lumayan banyak ya mbak di pasaran. Makasih untuk tipsnya Mbak Ari :)

      Hapus
  11. Menurutku tipsnya dah lengkap.
    Sedikit memambahkan no 4, biasanya aku menyalakan lampu di dalam rumah bs smp 2 atau. Kalo 1 lampu, rumah saya masih tampak gelap.
    Oh ya, lebaran kemarin ternyata pak satpam tdk menutup portal. Jadinya aku yg menutup.Seperti kasus ini, harus ada kesadaran untuk saling bantu dan melindungi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Nur, memang harus ada kesadaran untuk saling bantu dan melindungi. Seperti Saya yang mendapat giliran jaga blok tahun ini karena ngga mudik hihihi. Makasih untuk tipsnya Mbak Nur :)

      Hapus
  12. tipsnya bermanfaat mbak Ayu!!
    kalau pas mudik kemaren, sama "nyewain" carport buat diparkirin mobil tetangga hahahah.. Jadi seakan-akan ada orang di rumah. Terus nutup keran utama yang di dekat toren karena pengalaman pas mudik tahun lalu pas lagi kemareu panjang, au-tau air di toren habis. Untung ga mengaktifkan pompa otomatisnya.
    Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhhh asiknya dapet pemasukan saay mudik hihihihi, iya Mbak Rian sayang juga ya airnya kalau terbuang percuma. Makasih untuk tipsnya Mbak Rian :)

      Hapus
  13. Nomor 1-8 biasanya dilakuin kecuali no 6.Kami nggak bikin grup komplek.Tetapi biasanya tiap ada yg pulkam pak satpam mengedarkan form resmi dari RT yang harus kita isi.Jadi disana tertulis kita mudik tgl berapa dan kembali tgl berapa.Jadi pak satpam bisa lebih efektif memantau rumah rumah yg ditinggal mudik.Selain itu ada no kontak dua satpam dan keamanan RT yg bertanggung jawab selama rumah ditinggal mudik.

    Yang kedua selain lampu otomatis kami juga pasang alarm.Jadi alarm ini otomatis menelepon ke HP kita jika ada orang tidak dikenal masuk ke rumah.Jika alarm menelepon kita,kita bisa langsung mengontak satpam untuk menengok rumah kita.

    Memasukkan kendaraan roda dua dan sepeda ke dalam rumah dan menggemboknya.Karena kita pulang bawa mobil maka sepeda dan sepeda motor yang biasa ada di teras kita masukin semua termasuk.rak sepatu.Siapa tau ada yang iseng ambil sepatu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang suka ada yang iseng ambil sepatu ya Mbak Nunung, apalagi kalau mahal hihihi. Makasih untuk tipsnya Mbak Nunung

      Hapus
  14. Hampir semua sudah saya lakukan kecuali yang group chat, ide bagus mba. Perlu dibikin nih kayaknya dari sekarang grup chat tetangga sekitar rumah. Thank you for your info mba :)

    Oiya numpang nambahin tips aman meninggalkan rumah saat mudik:
    Jangan terlalu mengumbar info ke medsos kalau kita lagi mudik ke tempat yang jauh, apalagi sampai ngasi tau berapa lama perginya, dan sampai upload foto rumah, lebih parah lagi kalau sampai check in yang bisa bikin alamat rumah kita kelacak orang. Waah bahaya, bisa jadi inceran para maling -,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Mbak Rosmala, jangan terlalu update status lagi mudik, harus tetap waspada ya. Makasih untuk tipsnya Mbak Rosmala

      Hapus
  15. makasih mba tipsnya, alhamdulillah semuanya udah dilaksanakan termasuk grup chat bukan blog lg malah tp sekomplek, ya karena isi kompleknya jg cuma 30 orang sih.. hehe... tapi memang yang bagian listrik itu yang suka lupa kalo gak diingetin, biasa enak aja melenggang tanpa cabut2 saklar..

    tambahan tipsnya, kalau mudik dalam waktu lama saya usahakan menelpon security komplek secara berkala 2 atau 3 hari sekali karena bapak satpam kan gak masuk grup chat komplek padahal yang paling bisa diandalkan dalam menjaga rumah kita selama pergi ya bapak satpam tersayang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Asti, harus sering komunikasi dengan security komplek ya supaya update beritanya. Makasih untuk tipsnya Mbak Asti

      Hapus
  16. ini adalah tahun ke-3 kami tinggal di rumah kontrakan.
    tiap lebaran kami selalu mudik, kampung halaman suami di jepara dan saya di purbalingga,jd persiapan ninggalin rumah itu banyak banget diantaranya:

    1. sebelum pergi kita belanja cemilan dulu, buat cemal-cemil anak-anak di mobil biar ga bosen karena lama di perjalanan.

    2. Beli lem tikus. karena rumah lama ditinggal, biasanya suka ada tamu tak diundang, jd kita taruh lm tikus di beberapa titik seperti di dapur, kolong kulkas, dan kolong meja. pernah pas kita balik ke rumah udah penuh deh lemnya sama tikus.

    3. Cabut tabung gas. biar aman sebelum pergi cabut dulu tabung gasnya.

    4. mencatat daftar bawaan. punya 2 balita dan seorang bayi membuat saya suka lupa, eh ini ketinggalan g kebawa, atau pas udah balik ke rumah pernah handuk ketinggalan di kudus, obat ketinggalan di jepara, suami juga suka ngingetin, biar ga lupa jadi dibuat catatan barang bawaannya.

    5. simpan barang berharga di tempat yg aman. Biasanya barang berharga identik disimpan di laci, kotak tertutup dan sejenisnya. Sebelum pergi, kita simpan barang-barang penting ke tempat yang 'tidak biasa dan 'tidak terduga'. Tapi setelah balik rumah harus kita kembalikan lagi ke tempat semula biar ga lupa. Menyimpan barang berharga di tempat yang aman ini penting biar bepergian tenang.

    6. Mengunci laci, lemari, pintu-pintu, dan rumah. Cek juga kalo jendela dan pintu dalam keadaan baik. kuncinya dijadikan satu biar ga lupa.

    7. Mengosongkan kulkas sebelum pergi, sehingga tidak ada bahan makanan yang mubadzir. Jika perginya agak lama kulkas di matikan, jika cuma beberapa hari kulkas tetap menyala.

    8. Sebelum pergi kami menyalakan penerangan di luar rumah, ruang tengah dan dapur, karena jika gelap, rumah makin pengap jika lama di tinggalkan.

    9. Sebelum pergi kita biasanya pamitan dengan tetangga kanan kiri, komunikasi dg tetangga juga terjaga. Alhamdulillah selama ini hubungan tetangga baik. Misalnya saat saya melahirkan di purbalingga, tetangga sms kalo ada beberapa paket untuk saya dititipkan kurir di rumahnya. Begitu juga sebaliknya, saya jika tetangga sebelah sedang pergi, paket untuk mereka dititipkan dulu di rumah kami.

    10. Memasukkan rak sepatu, sepeda roda dua ke dalam rumah,meski rumah agak kotor tapi gak masalah. sepatu sandal aman di dalam rumah.

    11. Sebelum pergi, shalat dulu, shalat wajib, atau shalat sunnah tergantung waktu pas berangkat karena Allah sebaik-baik pelindung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide Bagus tuh Mbak Lathifah, Saya malah enggak kepikiran beli lem tikus. Makasih untuk tipsnya Mbak Lathifah

      Hapus
  17. mbak, saya coba ikutan GAnya yah.
    berikut tips alakadaranya yang mungkin banyak kesamaan dengan yang lain.

    pertama, cabut selang gas dari tabungnya untuk mencegah terjadinya kebocoran dan kebakaran.

    kedua, karena rumah ditinggal cukup lama, kosongkan isi kulkas agar kulkas tidak bau akibat bahan makanan, buah-buahan, atau sayuran, agar kulkas tidak berbau saat kembali. Pengosongan isi kulkas juga dilakukan karena termasuk alat elektronik yang dimatikan selama ditinggal mudik.

    ketiga, ala-alat listrik seperti kulkas dan dispenser dimatikan dan dicabut kabelnya dari sumber listrik. hal ini demi keamanan juga untuk penghematan rekening listrik.

    keempat, soal penerangan, nyalakan lampu teras dan satu lampu di dalam rumah di malam hari saja dan matikan di siang hari. tentu saja ini termasuk upaya penghematan listrik seperti tips ketiga.

    kelima, agar bisa melakukan tips nomor empat, serta untuk menghindari kecurigaan orang-orang tak bertanggung jawab karena melihat lampu yang menyala tersu sepanjang siang, kunci pagar bisa dititipkan ke tetangga yang dipercaya agar setiap sore menaikkan saklar listrik yang akan menyalakan dua lampu di atas dan du pagi hari menurunkan saklar listrik untuk mematikan lampu. jangan lupa saat kembali, berikan tetangga tersebut oleh-oleh.

    keenam, untuk barang-barang berharga, simpan di tempat yang lebih aman. jika ingin lebih tenang dan ada dana yang dipersiapkan, bisa menyimpan di save deposit yang disediakan bank.

    ketujuh, letakkan sepasang atau dua pasang sandal di depan pintu.

    keenam, berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala sebagai sebaik-baik pelindung untuk melengkapi ikhtiar yang sudah diusahakan di atas. sebab ikhtiar tanpa doa adalah sebuah kesombongan dan doa tanpa ikhtiar adalah sebuah kemalasan.

    semoga bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas jangan lupa oleh - oleh untuk tetangga ya :D Makasih untuk tipsnya Mas Jampang :)

      Hapus
  18. Ikutan GA ya mba,

    Nama : Yohana
    Twitter : @MrsSiallagan
    email : yohanasiallagan23@gmail.com

    Berikut ini, beberapa tips yang bisa kita terapkan agar rumah aman saat mudik. Jadi, walaupun lebaran dirumah keluarga rumah tetap aman.
    1. Pastikan semua seperti jendela, pintu rumah, pintu pagar, dan pintu masuk lainnya terkunci rapat, kalau ada pintu yang rusak, segera perbaiki.
    2. Jangan menaruh kunci diarea yang mudah dijangkau seperti dipot tanaman ataupun dibawah keset karna akan mempermudah langkah para pencuri. Simpanlah kunci sahabat ditempat yang aman.
    3. Sahabat bisa memanfaatkan bantuan teknologi saat ini, kita bisa menggunakan kamera CCTV untuk memantau setiap ruangan.
    4. Jika sahabat memiliki hewan peliharaan, mintalah tetangga atau orang yang sahabat percayai untuk memberi makan hewan tersebut, atau titipkan di penitipan hewan, yah.
    5. Tidak perlu mengapload photo atau menceritakan keadaan rumah yang sedang kosong ke media sosial atau orang lain, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
    6. Bersihkan rumah dari kotoran, buang sampah, dan sahabat bisa memberikan sayuran atau bumbu yang tersisa ketetangga supaya tidak membusuk didapur dan tidak mengundang tikus berdatangan.
    7. Jangan meninggalkan barang berharga anda seperti dokumen penting maupun harta benda lainnya. Sebaiknya dititipkan kepegadaian.
    8. Sahabat jangan lupa pamit kepada tetangga, RT/RW. Mintalah mereka mengawasi rumah sahabat sesekali.
    9. Jika sahabat berlangganan koran atau majalah, sebaiknya ditunda dulu sampai sahabat kembali kerumah agar koran/majalah tidak menumpuk.
    10. Berdoalah supaya rumah anda tetap aman.

    Selanjutnya bisa dibaca disini ya mba : https://yohanasiallagan.blogspot.co.id/2016/07/tips-rumah-aman-selama-mudik.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih untuk tipsnya Mbak Yohana :)

      Hapus
  19. Mama Ayuuu....aku mau ikut GA nya tapi tips mama Ayu udah lengkap banget. Aku cuma mau nambahin:
    1. Kuatkan ibadah mohon pertolongan Tuhan dan minta doa dari orang2 terdekat agar rumah kita dilindungi
    2. Nitip sama asisten rumah tangga yang lagi libur dan rumahnya dekat rumah kita (supir saya rumahnya dekat dengan saya)
    3. Pasang kunci gembok dobel
    4. Minta tolong asisten tadi untuk menyalakan dan mematikan lampu pada waktunya
    5. Jalin komunikasi dengan asisten tadi dan tetangga2 terdekat lewat sms, wa atau bbm
    6. Pastikan hewan peliharaan terpelihara dengan aman
    7. Jangan banyak tinggalkan barang berharga di rumah. Titip di save deposit bank kali ya.
    8. Pastikan semua colokan listrik sudah off, termasuk saklar. Ini kalo enggak ada yang tunggu/jaga rumah

    Hmmm apa lagi ya? Sepertinya banyak...tapi yang keingat itu dulu, Ma.
    Dan ini dataku:
    Nama : Ifa Avianty
    Twitter : @ifaavianty

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mama Iva, memang harus banyak berdoa juga ya supaya dilindungi selalu :) Makasih untuk tipsnya Mama Iva :)

      Hapus
  20. yach sudah lewat DL nya. semoga menang ya...nice tips

    BalasHapus
    Balasan
    1. yahhh... sudah lewat DLnya, Semoga next GA bisa ikut ya mbak :)

      Hapus