Rabu, 14 September 2016

Ibu Hamil Jangan Takut Ber-Commuter Line


Banyak orang sangsi melihat ibu hamil menggunakan Commuter Line dalam perjalanan menuju dan kembali dari tempat kerja. Banyak pula yang meragukan kenyamanan Ibu hamil ber-Commuter Line saat jam padat. Lantas memilih menggunakan kendaraan pribadi beroda dua yang tingkat risiko lebih tinggi untuk ibu hamil. 

Seperti yang kita ketahui PT.KAI menyediakan tempat duduk prioritas di setiap gerbong Commuter Line yang disiapkan khusus bagi yang membutuhkan dan salah satunya adalah ibu hamil. Namun bagi ibu hamil tidak mudah untuk menggapai tempat duduk prioritas. Dewasa ini menurut Saya rasa empati terhadap sesama mulai memudar, sehingga kadang ibu hamil memilih diam dan pasrah berdiri hingga tempat tujuan. Kadang ada beberapa penumpang melihat ibu hamil yang sedang kebingungan mencari tempat duduk, memilih diam atau pura - pura tidur dan enggan memberikan tempat duduknya. Walau tidak semua penumpang bersikap seperti itu, tidak sedikit penumpang yang berperan aktif meminta penumpang lain yang tidak dalam katagori prioritas untuk memberikan tempat duduk prioritas pada ibu hamil. 

Saya memiliki tips untuk mama hamil yang Saya terapkan saat Saya hamil.

1. Nyamankan Diri Sendiri
Sebelum melakukan perjalanan menggunakan Commuter Line, sebaiknya nyamankan diri sendiri, seperti berpakaian nyaman, memakai alas kaki yang nyaman & membawa tas yang simple. Mama sebaiknya membawa air minum, kipas, ear phone dan essential oil supaya relax di perjalanan.

2. Berangkat Lebih Awal
Saat mama akan menggunakan Commuter Line, sebaiknya berangkat lebih awal menuju stasiun terdekat sehingga mama dapat memilih Commuter Line mana yang lebih lengang yang akan ditumpangi.

3. Tempat Duduk Prioritas
Seperti yang mama ketahui, tempat duduk prioritas terdapat di ujung setiap gerbong Commuter Line, maka saat menunggu Commuter Line, cari posisi di mana pintu gerbong Commuter Line terdekat tempat duduk prioritas akan berhenti di depan mama.

4. Halo... Saya hamil lho...
Bagi mama yang usia kandungannya masih terbilang muda, tidak jarang penumpang lain tidak mengetahui jika mama sedang hamil, maka sebaiknya mama informasikan dengan sopan jika mama sedang hamil, biasanya Saya akan memegang perut Saya sambil mengatakan "Ada yang tidak hamil? Maaf Saya sedang hamil", sehingga penumpang yang tidak berhak di tempat duduk priortitas dapat berdiri untuk memberikan tempat duduknya pada mama.

5. Ibu Hamil Beretika
Tidak jarang ibu hamil memilih masuk melalui pintu gerbong mana saja saat Commuter Line berhenti, jika mama mendapat tempat duduk yang bukan tempat duduk prioritas, jangan lupa mengucapkan terima kasih ya Ma pada penumpang yang telah memberikan mama tempat duduk, sering kali Saya melihat ibu hamil yang telah diberikan tempat duduk oleh penumpang lain lebih memilih diam dan duduk tanpa berdosa, padahal ada orang baik lho yang telah rela memberikan tempat duduknya untuk mama yang sedang hamil.

6. Bersiap Turun Di Stasiun Tujuan
Saat mama hendak turun di Stasiun Tujuan, persiapkan diri satu stasiun sebelum stasiun tujuan, sehingga jika gerbong cukup padat, mama tidak perlu buru - buru dan dapat berjalan pelan -  pelan menuju pintu keluar gerbong Commuter Line.

7. Dukungan Dan Kemauan.
Untuk mama yang akan menggunakan Commuter Line, sangat diperlukan dukungan penuh dari pasangan atau orang terdekat supaya kemauan semakin kuat untuk siap menggunakan Commuter Line.

Jadi... Mari Ber-Commuter Line Mama :)

19 komentar:

  1. iya, bener tipnya, yang pasti beedoa agar ada yang mau menyisihkan tempat duduk untuk yg hamil ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Mbak Tira, harus banyak berdoa sebelum melakukan perjalanan :)

      Hapus
  2. Sekarang ibu hamil banyak diprioritaskan...alhamdulillah :)
    Zaman saya hamil ga ada tuh di bis kota di Bandung kursi khusus buat ibu hamil. Baru zamannya Kang Emil ada :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya Mbak Ida, semakin membaik insya Allah transportasi umum yang ramah ibu hamil :)

      Hapus
  3. Alhamdulillahh.. tak perlu khawatir lagi buat ber-commuter line. hhhe
    Tapi, smoga aja penumpangnya bnyak yg sadar diri,. meski kadang sudah ada noticenya, tetap ga mau ngalah...hhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Rohmah Amin... Seperti memang perlu ada kesadaran sendiri untuk memberi tempat duduk :)

      Hapus
  4. Setuju tipsnya mba. Tapi kadang ngerasa heran ya sama org yang mau kasih tempat ke bumil. Petugasnya juga harus lebih Care dan jangan ragu negur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Alida, ada yang kadang tanpa disuruh langsung berdiri ngasih tempat duduk, kadang harus di sapa dulu supaya mau berdiri :) Petugasnya kalau pagi kadang enggak terlihat Mbak :D

      Hapus
  5. Moga2 makin banyak sesama penumpang terutama sesama penumpang perempuan yang lebih care dgn penumpang lain yg lbh membutuhkan tempat duduk.

    BalasHapus
  6. Setuju Mbak Heni, jujur saja kebanyakan penumpang laki - laki sih yang care memberi tempat duduk tanpa diminta :D

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah ya Mba. Bumil mmg sebaiknya dapat tempat duduk karena kalo kelamaan berdiri berisiko kaki bengkak. Thanks infonya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Dini supaya tidak berisiko kaki bengkak dan mengurangi lelah menopang tubuhnya, sama - sama Mbak Dini, semoga bermanfaat :)

      Hapus
  8. aku pas hamil muda naik busway juga gitu mak, aku pilih bangku prioritas karena waktu itu penumpang banyak banget rebutan kursi, kalau aku pilih yang tidak prioritas malah aku kesenggol ikutan rebutan sama mereka.. malah aku di kode-kodein gitu sama ibu hamil/ibu2 minta kursi, aku bilang aja aku lagi hamil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mama Mariana, hamil muda memang sering dianggap kurang berhak tempat duduk prioritas, jadi memang perlu tekad yang kuat untuk berjuang mendapatkan haknya, selama kita enggak mengambil hak orang lain tetap berjuang ya mama ;)

      Hapus
  9. Mb yerus terang aku dulu pernah trauma, hamil muda, trus ngga dipercaya orang pas mnuju korsi prioritas, akhirnya kubawa buku hamilnya sekalian klo2 ada yg ga percaya...tp waktu itu enfingnya sedih sih, karena 3 bulan harus diambil olehnya
    Mpe saat ini aku masi trauma klo hamil naek krl

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Gusty, turut berduka cita ya karena kandungannya baru di percaya Allah hingga 3 bulan saja, hamil pertamaku pun belum sampai 3 bulan sudah di ambil Allah mbak dan alhamdulillah saat ini insya Allah akan di percayakan anak kedua, Hap.. hap... semangat ya Mbak untuk hamil lagi dan Yuk... traumanya di singkirkan jauh - jauh supaya bisa jadi mama hebat yang kuat naik Commuter Line, jangan takut berjuang untuk hak ibu hamil Mbak Gusty :*

      Hapus
  10. Belum pernah naik selama hamil *lagi hamil, tapi mau ngajakin anak2 ngebolang skalian field trip.. makasi tipsnya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhhh pasti seneng deh anak2 diajak ngebolang naik kereta, semoga bermanfaat ya mbak Shona :)

      Hapus
  11. Huwaaaaa kalau saya, belum berani mba. Suami pun deg degan kalau saya naik commuter line yang sedang padat padatnya. Beruntung kantor saya bisa ditempuh dengan angkot.

    Semoga makin banyak yang berempati pada ibu hamil di commuter line ya. Aamiin.

    BalasHapus