Senin, 24 Oktober 2016

Bersalin Di RS Mitra Keluarga Depok, Tak Kenal Maka Tak Sayang

Dalam artikel ini, Saya ingin berbagi pengalaman bersalin Saya di Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok.

Hampir 2 tahun ini Saya pindah rumah di daerah Citayam, Saya yang terbiasa mendapat kenyamanan di pusat kota, harus beradaptasi dengan lingkungan baru yang jauh dari hiruk pikuk pusat kota, jujur bukan itu yang menjadi concern Saya saat itu, namun saat Saya memutuskan untuk program hamil anak kedua kembali, hal itu yang membuat Saya resah, resah mencari dokter obsgyn dan Rumah Sakit yang cocok lagi. Maklum Saya memiliki pengalaman menyenangkan dengan dokter obsgyn dan Rumah Sakit bersalin saat anak pertama dulu yang berlokasi di pusat kota, maka dari itu Saya mencari Rumah Sakit terdekat dari rumah yang setidaknya pelayanannya tidak jauh berbeda dari Rumah Sakit di pusat kota.

Beberapa kali mencoba kontrol kehamilan di beberapa RS terdekat dari rumah baru, akhirnya Saya memutuskan kontrol dan bersalin di RS Mitra Keluarga Depok, awalnya Saya memilih Rumah Sakit ini karena menurut Saya lumayan bagus dibanding Rumah Sakit yang lain, ternyata kata 'lumayan' bukan kata yang tepat untuk Rumah Sakit ini, hingga Saya merasakan sendiri pengalaman berkesan di Rumah Sakit ini.


Berawal dari menemukan dokter obsgyn yang super duper baik, ramah nan cantik Dr. Jolanda Refanya Labora. Dr.Jolanda lulusan terbaik Universitas Hasanuddin yang kemudian mengambil studi Bedah dan rekonstruksi vagina ( fellow pelvic surgery and vagina reconstruction ) di Belanda, Dokter yang biasa Saya panggil dengan panggilan Dokter Kece ini jagonya membuat pasien nyaman saat menjalani masa kehamilannya termasuk Saya, bagaimana tidak, jarang sekali Saya menemukan dokter obsgyn supel, funny yang mampu menenangkan hati pasiennya saat kontrol kandungan dan mau menjawab pertanyaan - pertanyaan Pasien mengenai keluhan - keluhan kehamilan hingga hal - hal yang mengganjal di hati (baca:curhat) melalui media chat (whatsapp).


Dan persalinan Saya sukses ditangani oleh Beliau yang selalu berpenampilan modis ini (bahkan saat menangani persalinan Saya pun tetap modis lho). Ssttt... Beliau adalah best obsgyn dalam versi Saya saat ini.


Pengalaman berkesan Saya bukan hanya ditangani Dr.Jolanda saja lho, Saya pun memiliki pengalaman berkesan saat bersalin di Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok yang sampai saat ini masih Saya rasakan hangatnya suasana Rumah Sakit ini.

Jujur... Dulu Saya berpikir Rumah Sakit saat persalinan anak pertama dulu adalah rumah sakit terbaik versi Saya, namun sepertinya Saya harus mengakui bahwa Rumah Sakit Mitra Keluaga Depok adalah RS terbaik versi Saya saat ini. Petugas, suster dan pak satpamnya yang ramah serta bidan - bidan berpengalaman yang sangat kekeluargaan membantu Saya saat persalinan dan recovery di Rumah Sakit.

Pasti mama papa penasaran mengapa bersalin di RS Mitra Keluarga Depok sangat berkesan untuk Saya. Berikut pendapat Saya :

Bidan - bidan yang dengan sabar membantu Dokter obsgyn saat persalinan, walau Saya tidak membuat kegaduhan (baca:teriak-teriak) namun sabar menghadapi Saya yang sedikit bawel. 



RS Mitra Keluarga Depok mengedepankan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) selepas seorang ibu melahirkan bayinya, seperti saat Saya melahirkan bayi Saya.


Seluruh kamar dari VIP hingga kelas 3 di RS Mitra Keluarga Depok menggunakan rooming in, bayi tidur dan beraktivitas dalam satu kamar dengan ibunya, hal ini supaya ada kedekatan batin yang terjalin antara ibu dengan bayi selepas persalinan dan memudahkan saat memberi ASI bayinya.

Salah satu yang membuat Saya kagum, setiap pagi dan sore saat waktunya menyusui, seorang bidan selalu mendatangi Saya serta ibu bayi lainnya dalam ruangan untuk membantu si Ibu jika memiliki kesulitan saat memberikan ASI pada bayinya, hal ini tidak Saya jumpai saat persalinan anak pertama di Rumah Sakit lain.

Bidan - bidan yang sangat berpengalaman dengan sigap datang membantu saat bel panggilan di tekan. Saya pernah tengah malam menekan bel meminta bantuan bidan saat bayi Saya menangis karena pipis, tak ada rasa kesal di wajah bidan saat datang menghampiri dan membantu Saya. Menyenangkan rasanya jika dibantu dengan ikhlas.

Saya menempati ruangan kamar Kelas 3 yang terdapat 5 bed dan 2 toilet, bersih dan nyaman.


Saat hari pertama masuk ruangan kamar, ada petugas survey mengenai kebersihan, rasa dan porsi makanan yang telah Saya makan, karena Saya menyusui Saya bilang pada petugasnya, mungkin menyenangkan jika dapat porsi lebih banyak, seperti permohonan yang terkabul, keesokan harinya Saya mendapat porsi makan lebih besar, Hore.... menyenangkan sekali kan.


Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok sangat mengutamakan kesehatan bayi, terlihat dari waktu kunjungan, para bayi dikumpulkan di kamar bayi untuk baby show,sehingga pengunjung yang datang tidak menyentuh langsung bayi namun tetap dapat melihat bayi - bayi di balik kaca besar kamar bayi ini.



Kamar bayi bersebelahan dengan Ruang bersalin dan ruang rawat, Saya menempati ruang rawat Anyelir.


Sebelum Saya pulang, ibu bidan mengedukasi Saya bagaimana cara merawat bayi dengan baik, Saya banyak mendapatkan ilmu dari edukasinya.


Saya pulang dengan membawa pengalaman berkesan dan hangatnya pelayanan RS Mitra Keluarga Depok, Rumah Sakit yang memahami kebutuhan pasien tanpa diminta. Terima kasih RS Mitra Keluarga Depok untuk pengalaman berkesannya selama Saya di sana :)


33 komentar:

  1. Kebetulan saya salah satu pasien dok Yol juga, heuheu. Baik bener doi, jam 11 malem ngeluh masih balesin WA, lho. Seneng deh, kekurangan rumah sakit ini cuma satu, makanannya buat saya kurang enak dan agak membosankan wkwkw, dulu pas hamil saya sempet rawat inap beberapa kali karena sakit, dan makanannya itu-itu mulu. Sehat selalu ya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kan Mbak Dewi, dokter jolanda memang baik banget, wah kalo gitu mungkin makanannya tergantung selera, karena aku ngobrol sama ibu2 seruangan juga bilang makanannya enak hihihi, sehat selalu ya mbak... :)

      Hapus
  2. Pakai asuransi atau bpjs gitu ngga mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Mitra Keluarga Depok setau aku belum bisa pakai BPJS, tapi kalau asuransi swasta bisa Mbak Tally, aku juga pakai asuransi :)

      Hapus
  3. ikut seneng bacanya, ngerasain nyamannya... apalagi porsi makan ditambahin ya mak hihihi... bu dokternya juga lovely banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seneng banget Mak lahiran di sini, porsi makan bikin happy busui, dokternya juga lovely pake banget

      Hapus
  4. Ini deket banget dari rumah saya. Baru Sekali periksa kandungan di RS ini dan memang the best pelayanann & hasil pemeriksaan. Harga bicaralah kalau mau yang terbaik,iya kan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga relatif sih Mbak Nurul, tapi pelayanannya memang bagus :)

      Hapus
  5. Hi Mbak Ayu...aku juga pasien dr Yola..setuju dokter nya baik banget n cantik pula. Mbak boleh tau kah kemarin abis berapa persalinannya di rs mitra keluarga?aku hpl 19 January..ga pengen pindah rs krn udah cocok banget sama dokternya tapi deg2an soal biayanya nih hehehe soalnya ga pake asuransi..makasih banyak ya sebelumnya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ini dengan mbak siapa? Bs DM ke Ig atau twitterku ya, nanti aku kasih tau esimasinya :)

      Hapus
  6. Mbak, aku juga sama kontrol di mitra dari awal hamil. Rencana hpl ku bln februari,boleh share total biayanya brp ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mbak Nur, boleh contact aku by email ya ke ayunohime83@gmail.com :)

      Hapus
  7. mba ayu, Saya Dian salam kenal dan baru sekali ke Mitra dan hpl ku bln Febuari , oleh share estimasi biaya nya mba? terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  8. Dr.yola emang spog te o pe di mitra.. dari anak pertama samppai saat ini hamil anak ke dua sy masih blm bs move on utk pindah dsog lain.. skr cb pake bpjs tp ttp masih kontrol ke dr.yola.baik banget.. semua bidan jg baik2 bgt sy yg cm sekali ngikut senam hamil pas lahiran bidan2 yg bantu sabar bgt.. masih galau apa mau lahiran pake bpjs atau di mitra.. wktu sy ngelahirin anak pertama itu 2015 sy normal dgninduksi dan sempat pindah kamar dari kls 2 ke kls 1 habisnya kurleb 15jt ud termasuk utk perawatan bayi stl lahir.gk tau kl 2017 naiknya seberapa krn hpl saya 26 februari 2017

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk berbagi ceritanya mama

      Hapus
  9. Hpl aku 19 Februari 2017.. dokter yola ini jg praktik di RSb Budi Jaya bunda di Depok timur.. aku jg masih galau nih mau Lahiran di mitra apa Budi Jaya ajaa.. blm ngmg sm dokter yola, Tp di Budi Jaya deket rumah mertua nih bund.. lebih praktis daripada ke mitra.. mau info Nita melahirkan di mitra ya bund, kmrn sempet foto2 biaya di mitra, tapi yg paketan udh gak berlaku.. huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada kok mama. Silakan by email ya

      Hapus
  10. halo bunda2 salam kenal, mo sharing nih, feb th lalu sy lahiran anak k2 d mitra dpk, proses normal dgn biaya ga nyampe 15 kok, itu kls vip lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk berbagi ceritanya mama

      Hapus
  11. Mba kira" Biaya seluruhnya berapa ya ? kalo boleh tau untuk melahirkan normal yang mba alami. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan by email ke ayunohime83@gmail.com ya mama

      Hapus
  12. Halo mba, boleh share ke aku biaya mulai kontrol kandungan dan melahirkan di mitra keluarga depok brp? Boleh email ke aku ya mba azariadesfiani@gmail.com . Thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ga salah sekitar 300an mom per kedatangan itu uda biaya konsultasi, usg hehe kalau mua cetak usg nya bayar 40rb klu ga salah yaa hehe

      Hapus
  13. ibu ibu mau tanya apakah dr yola jg menangani promil?
    terima kasih infonya

    BalasHapus
  14. ibu ibu mau tanya apakah dr yola jg menangani promil?
    terima kasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mama, setau aku dr Yola bisa menangani promil

      Hapus
  15. halo Mbak.. boleh tau nggak fasilitas rawat inapnya dapet apa aja?
    kaya gurita ibu, pembalut untuk nifas, baju selama rawat inap disediakan dari RS atau bawa sendiri?. terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fasilitas menginap dapat sanitary (sabun, waslap,dll), seperti gurita, pembalut nifas, baju selama dirawat tentunya mama bawa sendiri, biar tetep kece saat kerabat menengok baby mama^^ silakan email ke ayunohime83@gmail.com jika masih ingin bertanya ya mama

      Hapus
  16. Setuju ni Dr. Jolanda & Mitra Kelg Depok emang OKE , Bu Dokter Modis, Seru dan Menyemangati, antrian si ga banyak tp 1 org emang dilayani sepenuh hati, kl d Mitra yg aku suka Bersih, wangi dan mkanannya Enak

    BalasHapus
  17. mba salam kenal, saya jg baru pindah ke depok, boleh saya diemail mba biaya total perawatan di mitra keluarga depok? ada rencana saya mau kontrol dgn dokter sofani.
    saya email ya mba,.

    BalasHapus
  18. Halo mama ayu salam kenal.. aku siska lg hamil anak pertama hpl 2 nov 17 kontrol sm dr jolanda jg.. aku mau tanya2 ttg persalinan boleh aku email ya mam..

    BalasHapus