Selasa, 08 November 2016

Mommyclopedia, Panduan Lengkap Merawat Bayi 0-1 Tahun | Book Review

Tahukah mama, memiliki anak kedua bukan berarti expert dalam hal merawat bayi, contohnya Saya yang baru saja melahirkan Aiko anak kedua Saya namun masih bingung bagaimana cara merawat bayi yang baik, kok bisa ya ma? Bisa lho ma, maklum Saya adalah working mom yang dulu waktu Satria anak pertama masih bayi semuanya dibantu oleh ibu. Jadi pengetahuan Saya dalam hal merawat bayi sangat kurang.

Maka dari itu saat Aiko lahir, Saya seperti orangtua yang baru memiliki anak pertama, bingung bertanya pada siapa mengenai merawat bayi. Saya sering bertanya pada dokter spesialis anak si sulung melalui media chat (whatsapp) namun sepertinya malu ya jika selalu mengganggu Beliau, browsing di internet pun seringkali tidak dapat memuaskan rasa ingin tahu Saya dalam hal merawat bayi. Pucuk dicinta ulam pun tiba, Tiba - tiba seorang teman baik memberi kado sebuah buku panduan merawat bayi. Buku ini berjudul "Mommyclopedia Panduan Lengkap Merawat Bayi 0-1 Tahun" karya Dr. Meta Hanandita, Sp.A. Buku setebal 123 halaman terbitan PT. Gramedia Pustaka Umum ini menjadi semacam 'kitab' merawat bayi buat saya. Senangnya Saya karena memang sangat membutuhkan buku ini.


Sebelum Saya membahas isi dari buku ini, Saya ingin menunjukkan buku dengan bundling kit yang Saya dapat. Pembaca mendapat buku beserta bundling kit ini jika pre-order sebelum tanggal 30 Oktober 2016 kemarin, dan Saya beruntung mendapatkannya. Merchandise dalam bundling kit berupa tanda tangan penulis, tas kecil, thermometer digital, plester luka, tisu basah, kapas, obat merah, pemotong kuku, cotton bud dan hand sanitizer yang berguna dalam perawatan sehari - hari bayi. Saya naksir berat dengan tas kecilnya yang super imut.


Mari kita lanjutkan membahas isi buku Mommyclopedia. Mommyclopedia adalah buku ke-6 dokter spesialis anak Dr. Meta Hanindita, Sp.A yang sengaja ditulis dengan konsep berbeda dari buku - buku sebelumnya. Buku ini sarat ilmu namun ringan dibaca  oleh para mama yang sedang mempersiapkan kelahiran bayinya, yang baru memiliki anak pertama ataupun yang ingin menambah pengetahuan merawat bayi seperti Saya. Buku Mommyclopedia berisi panduan merawat bayi baru lahir, menyusui dan panduan lainnya yang sangat membantu Saya dalam merawat Aiko dengan baik.

Setiap halaman buku ini didesain berwarna-warni supaya pembaca tidak bosan saat membacanya, beberapa teman yang Saya tunjukkan buku Mommyclopedia tertarik membaca karena penasaran dengan halaman buku yang berwarna-warni.


Buku ini ditulis dalam bahasa yang ringan dan jelas, sehingga pembaca tidak perlu bersusah payah memahami isi buku ini.


Saya suka ilustrasi - ilustrasi yang ditampilkan di buku ini, lucu - lucu, salah satunya ilustrasi berikut, membuat Saya tetap rileks walau Saya membaca dalam kondisi mengantuk karena kurang tidur akibat begadang mengganti popok dan menyusui Aiko semalam.


Yang sangat Saya suka dari buku Mommyclopedia adalah buku dilengkapi dengan QR Code dihampir setiap halaman yang berisi informasi tambahan. Senang rasanya membaca buku ini. 


Buku Mommyclopedia sangat cocok dijadikan sebagai kado dan diberikan pada kerabat yang baru melahirkan karena menurut Saya buku Mommyclopedia sangat bermanfaat.

So... Bagi yang penasaran, jangan sampai kehabisan ya :) 

6 komentar:

  1. iya betul mba melalui buku kita bisa tahu apa yang ga kita tahu langsung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Herva, seneng bacanya, nambah ilmu tapi santai banget nerimanya

      Hapus
  2. Selamat atas baby keduanya mba..

    Wah wajib dipunya nih, insya Allah januari sy lahiran anak ke 3 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbak Shona, iya wajib punya mbak, recommended pokoknya deh, semoga lahirannya lancar ya Mbak Shona, ibu dan anak sehat semuanya. Amin

      Hapus
  3. iiih lucu yaaa panduan lengkapnya, btw selamat atas kelahirannya mba :) kayaknya dulu jaman aku hamil buku ini belum ada nih.. Lucu jg buat ngasih kado ke ibu yg sudah melahirkan

    BalasHapus
  4. untung ada buku bagus rekomended sekali terutama utk pasutri yang barusan memiliki buah hatu tercinta :) Slmat atas kelahiran babynya ya mbak :)

    BalasHapus