"Anti Stres Menyusui" Handbook Bagi Ibu Menyusui | Book Review

April 19, 2018


Tanggal 15 April 2018 kemarin saya menghadiri book launching “Anti Stres Menyusui” di Kemang Medical Care, buku berjudul Anti Stres Menyusui karya penulis dr. Asti Praborini,Sp.A.,IBCLC dan dr. Ratih Ayu Wulandari, IBCLC. Buku yang ditulis oleh 2 konsultan ASI bersertifikat internasional ini dengan tujuan sebagai pedoman para mama yang bertekad untuk menyusui buah hatinya hingga 2 tahun.

Menurut saya, yang saat ini juga sedang menyusui bayi usia 18 bulan, buku ini sangat bermanfaat sekali bagi seorang ibu yang memerlukan dukungan penuh untuk tekadnya menyusui hingga 2 tahun. Selain suami, keluarga serta kerabat sebagai tim sukses mama, buku ini dapat menjadi penyemangat mama untuk berjuang mengASIhi bayi mama hingga 2 tahun. Ya ma, mengapa saya tekankan hingga 2 tahun, karena ASI adalah hak semua bayi yang telah disiapkan Allah melalui mama.

Buku yang ditulis oleh 2 konsultan yang telah lama berkecimpung di dunia perASIan ini, memanjakan mama dengan bahasa penyampaian yang mudah mama pahami, lembaran demi lembaran berwarna dan penulisan dalam buku yang eye catching, membuat mama ingin terus membaca sampai habis.

Di awal buku Anti Stres Menyusui, penulis menyampaikan bahwa menyusui adalah perintah agama dan negara, anjuran pemberian ASI yang tertuang dalam kitab semua agama dan diatur di pasal UU oleh negara, sebagai dukungan mama menyusui.


Buku yang berjumlah 328 halaman ini mengerti segala kegundahan seputar masalah yang mama hadapi saat mama menyusui. Bahkan buku ini membahas mengenai ibu bekerja yang tetap menyusui bayinya, terharu saya saat membaca bab ini, karena penulis seperti memahami kegundahan kami ibu pekerja yang kekeuh ingin tetap menyusui bayinya seperti saya.

Buku Anti Stres Menyusui memuat beberapa cerita inspiratif tentang perjuangan seorang mama, demi menyusui bayinya yang tentunya membuat mama semakin semangat dan yakin saat menyusui bayi mama.



Buku ini juga ditujukan bagi mama yang sedang hamil, menunggu kelahiran bayi mama atau ingin menyusui bayinya kelak, karena di dalamnya membahas mitos atau fakta dan bagaimana persiapan mama menyusui kelak saat bayi mama lahir. Beruntungnya mama yang sedang persiapan atau sedang menyusui saat ini, memiliki buku Anti Stres Menyusui sebagai handbook A to Z bagi ibu menyusui, karena saat awal saya menyusui anak pertama dulu dan anak kedua saat ini, buku ini belum terbit ma.

Mungkin mama penasaran apakah bayi hanya diberi ASI saja hingga 2 tahun? Tentu tidak ma, saat bayi memasuki usia 6 bulan, bayi akan dikenalkan dengan makanan pendamping ASI. Mengapa begitu? Tenang ma, rasa penasaran mama akan terjawab dalam buku ini.
Sekian book review “Anti Stres Menyusui” dari saya, semoga book review ini sedikit memberi mama gambaran, bahwa buku ini worth to buy. Mama bisa segera menghilangkan rasa penasaran mama dengan membeli buku ini di Gramedia atau toko buku besar terdekat di kota mama. So… Grab it fast ma, and Happy Breasfeeding for All Mama in the world...


You Might Also Like

9 comments

  1. Wah keren ada bukunya anti stress menyusui, biar para mama di luar sana tidak merasa sendiri ketika menjalani fase ASI eksklusif. Aku yang belum jadi mama pengen baca juga bukunya. Mayan buat belajar he he he

    BalasHapus
  2. Bagus banget buku ini dibaca terutama buat yang baru punya anak ya..

    BalasHapus
  3. Memang ya proses melahirkan dan menyusui itu harus dilalui dalam keadaan bahagia.. jauh dari stresss.. terlihat lho hasilnya.. karena aku dah ngalamin.. pada anak pertama stress banget hamilnya jadi ngaruh juga ke produksi asi huhu. tapi anak kedua ngga stress jadi lebih happy baik melahirkan maupu menyusui.. jadi jauhkanlah stress dari Ibu hamil dan menyusui yaaa

    BalasHapus
  4. Salah satu faktor yang menurutku bisa bikin lancar menyusui emang gak stress. Maka dari itu, kalau bekerja, tempat kerjanya mendukung (paling engga menyediakan saja tempat untuk pumping ASI) itu bisa ngaruh banget ke produksi ASI jadi lancar. Kerja juga enak :)

    BalasHapus
  5. Stres bikin apapun jadi gak berjalan lancar, termasuk menyusui. Proses menyusui Darell waktu itu banyak dramanya, karena di kantor belum provide ruangan buat merah ASIP gitu, jadinya sempet drop, belum lagi kudu minta ijin sama atasan stiap mau merah yang seringnya lama disetujui

    BalasHapus
  6. Buku begini harus banget dibaca calon-calon busui nih, karena kalau ngeblank banget ya bisa stres alhasil ASI gak lancar. Kayak aku dulu pas anak pertama hiks :(

    BalasHapus
  7. Aku telat bacanya wkwkwkkw. Aku udh berenti menyusui krn sangat depresi sama sakitnya dan kegiatan yg sangat melelahkan. Huhu. Semoga ibu lainnya lbh semangattt

    BalasHapus
  8. Hwaaa, ada buku anti stress menyusui, akan kusimpan judul sama penulisnya dulu nih. Nanti mau beli kalau sudah menikah dan hamil ah. Soalnya ada bonus menu mpasinya *langsung melek lihat tulisan bonus ehehe.
    .
    Aku salut banget sama ibu bekerja yang bertekad mengASIhi anaknya sampai dua tahun.

    BalasHapus
  9. Semangat menyusui mama Ayu! Semoga bisa 2 tahun yaaa... perjuanganku masih panjang, skrg bayi masih 8 bln. Bener kata komen2 di atas, stress juga mempengaruhi produksi ASI, krn dulu anak pertamaku perjuangan bgt ngasih asinya, bolak balik konselor laktasi, nyari2 infonya dr internet aja krn blm tau bukunya

    BalasHapus

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Silakan tulis komentar :)

Cara mengisi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL Blog, bukan URL postingan. JIka tidak punya blog, kosongkan saja kolom URL, namun jangan lupa isi namanya supaya tidak masuk SPAM. Terima kasih :)

@mamaayuutami