Menyimpan ASIP Dengan Kantong Plastik Kiloan? Why Not!

April 26, 2018


Saat breastfeeding mom memutuskan kembali bekerja setelah cuti melahirkan berakhir , biasanya mama menyiapkan stock Air Susu Ibu Perah ( ASIP ) di rumah sebagai asupan bayi saat mama bekerja. Ada beberapa perlengkapan yang perlu disiapkan saat memerah ASI di tempat kerja, selain pompa ASI, ada perlengkapan lain yang cukup penting untuk disiapkan, yaitu wadah ASIP. Wadah ASIP dibutuhkan untuk menampung ASIP. Ada beberapa jenis wadah ASIP yang kita kenal, yaitu dalam bentuk botol dan kantong plastik. Ada kelebihan dan kekurangan dari 2 jenis wadah ASIP tersebut. Berhubung perjalanan dari rumah menuju kantor saya cukup jauh dan menggunakan moda transportasi commuterline, saya tidak menggunakan botol untuk wadah hasil ASIP karena dulu pernah menggunakan botol ASIP namun pecah saat berdesakan di dalam gerbong yang padat. akhirnya saya beralih menggunakan wadah ASIP kantong plastik kiloan. Kantong plastik kiloan bisa untuk kantong ASIP? Sure, why not!


Saat saya konsultasi laktasi dengan Dr. Asti Praborini, SpA., IBCLC mengenai persiapan stock ASIP menjelang kembali bekerja, saya bertanya pada beliau, sebaiknya saya menggunakan jenis wadah apa untuk menyimpan hasil ASIP saya, dan Dr. Asti bilang, pakai kantong plastik kiloan, saya sontak dan menjawab, ngga steril donk dok. lalu beliau menyampaikan pada saya, bahwa "tidak semua ibu menyusui beruntung dan memiliki rejeki yang berlimpah, banyak ibu pekerja yang memiliki tekad kuat menyusui namun terganjal oleh dana seperti membeli wadah ASIP yang bagi mereka mungkin uangnya bisa untuk makan sehari-hari". dan saya terdiam. 

Akhirnya hasil konsultasi saya, saya terapkan saat saya bekerja, berikut proses dan caranya ma :

1. Kantong Plastik Kiloan.

Jika mama bertanya di mana saya membeli kantong plastik kiloan, mama dapat membeli kantong plastik kiloan di toko plastik atau di toko perlengkapan bahan kue terdekat di rumah mama. Saya menggunakan ukuran 8x20 yang setelah saya coba cocok untuk kantong ASIP saya. Mama bisa memilih dengan kualitas terbaik di kelasnya, supaya tidak mudah bocor saat disimpan di freezer. 

2. Takaran ASIP


Saat saya mengisi ASIP ke dalam kantong plastik kiloan, saya tandai garis sesuai takaran1 kali Aiko meminum ASIP tersebut. jadi semua ASIP seragam dan tidak terbuang jika berlebih. 

3. Ikat dan Double Plastik


Setelah ASIP diisi kedalam kantong plastik kiloan, kantong saya ikat kuat dan saya masukkan lagi ke dalam kantong plastik kiloan, supaya saat kantong ASIP dimasukkan ke dalam freezer dan membeku, ada cadangan plastik yang melindungi kantong plastik ASIP di dalamnya dan menghindari bocor.

4. Tanggal Perah

Setelah kantong ASIP telah diikat sempurna. Mama dapat menulis tanggal saat mama memerah ASI. Jadi saat memberi ASIP pada bayi mama, dapat terlihat mana yang lebih dulu diberikan.

Setelah saya berkonsultasi dengan Dr. Asti, sayapun  saya bertanya kembali pada Dr. Aini yang juga dokter laktasi saya, bagaimana dengan BPA Free atau steril kantong plastik kiloan. Lalu beliau menjawab, selama kantong plastik kiloan tidak dipanaskan saat mencairkan ASIP beku, maka tidak ada reaksi kimia yang akan terjadi yang mencemari ASIP, sebab itu dr. Aini mengingatkan saya untuk tidak mencairkan ASIP beku dari kantong plastik dengan cara dipanaskan atau direbus, pengalaman saya mencairkan ASIP beku dengan air mengalir atau taruh plastik ASIP di mangkuk berisi air kran.

Sekian berbagi pengalaman penyimpanan ASIP saya, sampai jumpa di artikel saya selanjutnya, cara menggunakan media cup feeder pada bayi saat ibu bekerja ya mam and keep rocking breastfeeding mom...


























You Might Also Like

4 comments

  1. Bagus juga idenya, emang gak semua ibu beruntung bisa beli plastik khusus yang mahal buat simpan ASIP. Setidaknya ide ini bisa menolong banyak ibu pekerja

    Selain plastik, kayaknya bisa pake botol kaca ya *kalo gak salah ingat*

    BalasHapus
  2. waah ilmu baruuu makasih mamaiko! kalau lagi kepepet bisa pake kantong plastik biasa berarti yaaa..

    BalasHapus
  3. Walo udh ga menyusui, tp ini ilmu baru juga buatku :D. Baru tau loh mba bisa pake plastik kiloan. Selama ini ya sama mikirnya, steril ga yaaa :p. Tp masuk akal sih kata doktermu, ga semua org mampu beli wadah asip. Yg beneran wadah asip aja blm tentu juga steril kok. Lebih kuat plastiknya, pasti... Tapi steril blm dijamin :p

    BalasHapus
  4. wah ide cosmos banget ini mama Ayu mesti dishare biar ttp semngat perah tnp ada halangan krn plastik

    BalasHapus

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Silakan tulis komentar :)

Cara mengisi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL Blog, bukan URL postingan. JIka tidak punya blog, kosongkan saja kolom URL, namun jangan lupa isi namanya supaya tidak masuk SPAM. Terima kasih :)

@mamaayuutami