Bahagiakan Dirimu. Ini Tips Dari Para Mama Muda

Juli 09, 2019


Banyak yang bilang kalau menjadi bahagia itu adalah pilihan. Artinya kita dapat menentukan sendiri apakah kita ingin bahagia atau tidak. 

Menjadi bahagia tentunya akan mengeluarkan rasa rileks dan happy dari dalam diri kita, yang tentunya menularkan energy positif bagi diri kita dan orang - orang sekitar kita.


Sama halnya jika kita memilih tidak bahagia. Merasa dikelilingi rasa tidak nyaman, tidak puas, atau bahkan ada rasa tidak senang saat melihat orang lain terlihat bahagia. Hal ini akan menimbulkan energy negatif yang akan merugikan diri kita, bahkan dapat merugikan orang lain. Hopefully not ya moms.

Kadang sayapun merasakan hal yang sama, berusaha untuk mengubah red frame (negatif) menjadi green frame (positif). Tentunya dengan bantuan orang - orang terdekat saya, yang selalu menyemangati saya dengan penuh kasih sayang dengan hal - hal positif, agar saya tetap dalam energy positif dan selalu bahagia. Karena saya sadar, tidak bahagia dapat menjadi bumerang bagi kita yang akan menghampiri kapan saja. Salah satunya akibat bergosip mungkin , it could be anything right...

Kali ini, saya ingin berbagi tips dari para mama muda, tentang bagaimana sih cara mereka bisa selalu terlihat bahagia. Penasaran kan moms? Yuk contek tips dari mereka...


Personal picture by Mama Aini

Menurut saya, hal yang paling diinginkan manusia yaitu rasa bahagia, terlepas dari mana mereka mendapat kebahagiaan tidak terlalu diperhatikan.

Bahagiakan Diri Sendiri, Diantaranya dengan cara :

-  Jangan takut melakukan kesalahan. Merasa tidak takut akan kesalahan membuat diri kita lebih percaya diri dan lebih bahagia.

-  Jadilah Diri Sendiri  jika ingin bahagia. Kita bisa bebas berekspresi dan menunjukkan siapa diri kita dengan batasan akan aturan dan norma yang ada

-  Selalu mensyukuri nikmat yang telah diberikan Tuhan YME dan menjalankan ibadah sesuai agama kita masing-masing dengan penuh khusyuk.

- Cari Kebahagiaan Diri Sendiri. Namun bukan dengan cara yang salah, atau dengan menyakiti orang lain.

- Buka Kesempatan Dengan Orang Baru.
Cobalah untuk membuka kesempatan mengenal orang baru.

-  Mulai Belajar Memaafkan Orang Lain.

- Bantu Orang Lain Dengan Ikhlas Tanpa  Pamrih.

-  Puji Diri Sendiri (Bukan RIYA). Hal ini dapat membantu melepaskan kita dari rasa pesimis dan menyenangkan hati. 

- Dengarkan Keinginan Hati

- Terima Hal yang Tidak Sesuai Dengan Ekspektasi Kita Dan Ambil Hikmahnya

- Sayangi Orang yang Menyayangimu Dengan Sepenuh Hati

- Hadapi Masalah atau Jangan Buat Sama Sekali. Jadi, jika melakukan kesalahan, akui, minta maaf, jangan menghindar dan selesaikan dengan baik.

- Nikmati Hobimu. Hobi merupakan kegiatan yang kita sukai. Dimana kita sendiri bisa mendapatkan kesenangan dan kepuasan dengan menikmati hal yang bisa kita sukai, Optimis dan Terus Bahagia.


Personal Picture By Mama Sabai

Hal simpel yang bisa aku lakuin biar tetep selalu menjadi ibu yang bahagia itu dengan selalu menghargai setiap waktu bersama keluarga, tidak memiliki pengharapan yang terlalu tinggi dan lebih memilih menikmati setiap proses di kehidupan. 

Proses membesarkan anak dan proses menjadi seorang istri, dan banyak tertawa! Menikmati hal - hal kecil juga cara ringan buat bikin hepi. Tentunya juga bersyukur dan menghargai diri sendiri juga penting. Dengan tetap lakukan hal-hal yang kita suka sekecil apapun itu juga penting banget, mau itu nonton film di rumah, main games, atau ngerakit lego aja udah seneng banget akutu. 

Daaann ketika ada waktu dan biaya memungkinkan, LIBURAN! Mau kemanapun itu tujuannya yang jauh atau deket sama keluarga tentunya :) . Ketika semua moodnya bagus, hidup rasanya lebih ringan. Jangan lupa dengerin musik juga tiap hari 😊


Personal Picture By Mama Zata

Cara bahagiaku simpel banget, cuma tidur-tiduran di rumah sama suami dan anak2 sebelum tidur (ngelonin anak sebenenrnya), kami tidur udah kayak kucing, bareng2 sambil ngobrol soal apa aja, trus pas mereka udah ngantuk, bisa cium mereka, kasih sepatah dua patah nasihat, lalu matiin lampu dan ninggalin mereka bobo.

Pas anak2 dah tidur, suami kerja di depan komputer, aku marathon deh nonton serial2 di fox crime dan diva universal, hehehe.. Kalo bersyukur udah pasti. 

Misalnya lagi nggak punya uang, tapi aku mikir ya Allah kurang apa aku, anak alhamdulilah sehat dan ceria, suami baik, makan ada, kalo uang mah tinggal dicari, hehehe..


Personal Picture By Mama Dewi

Cara pertama tentu bersyukur, beribadah, selalu berdoa diberi ketenangan dan rasa syukur dalam hidup, jangan membanding-bandingkan diri sendiri sama orang lain.. en klo hiburan, nonton. Nonton- nonton film box office, korea, film indo, cukup di rumah aja. Happy... sama kalo urusan domestik kelar semuaa juga happy, hehehe...


Personal Picture By Mama Evi

Bahagiaku ketika bersyukur pada Allah telah berikan aku sekeluarga terutama kesehatan, bisa siapin masakan sebelum jam 6 pagi untuk bekel suami kerja, bisa bereskan anak dan rumah sebelum berangkat kerja, hepiiii liat rumah rapi dan bersih sebelum anak bangun tidur 😄, nonton drakor, karaoke, makan di luar bareng keluarga, jalan - jalan dan liburan sama keluarga, puas ketika atasan puji kinerja dan puas ketika menang project 😁😁


Personal Picture By Mama Widha

Cara tetap bahagia aku : 
Ngobrol sama temen, baca buku, nonton yang lucu kaya tonight show atau dengerin podcast yang kocak. Sama jangan lupa bersyukur, sepele cuma kadang kita paling suka lupa itu. dan inget diatas kita masih ada orang lain, dan masih banyak juga yang lebih butuh lebih sulit dari kita. enjoy-in aja deh hidup, kemudian hehehehe gausah yang terlalu heboh, berbuat baik aja juga udah bikin happy. Inshaa Allah...



Cara biar tetep happy buat aku sih yang penting bersyukur. Kerja sama yang baik untuk sama - sama mengurus rumah & anak antara suami & istri juga perlu (karena kita tidak pakai jasa ART). Kalo udah mulai ngerasa jenuh dengan rutinitas yang sama setiap hari, aku sih paling diselingi nonton drama korea atau nonton kartun one piece yang sampai sekarang belum tamat - tamat dari jaman kecil dulu 😂😂, atau nonton film yang lagi bagus berdua sama suami di rumah kalo anak lagi tidur.



Menurutku, yang bisa membuat aku bahagia saat lihat anak - anakku sehat, akur dengan saudaranya, dan tercukupi, itu sudah lebih dari cukup buat aku bahagia. Tapi satu yang pasti aku butuhkan saat ini untuk diriku bahagia, yaitu tidur cukup setelah melahirkan, hihihi...

Wah ternyata setiap mama punya caranya sendiri nih untuk membuat dirinya bahagia. Bersyukur dan menikmati yang disukai menjadi kunci para mama, supaya dapat terus bahagia.

Tips dari para mama muda sesungguhnya  tidak jauh berbeda dengan tips yang saya lakukan selama ini. Saya bahagia saat terlontar kata "mama hebat" dari anak - anak yang happy bersama mamanya, saya bahagia menjadi diri sendiri tanpa membanding - bandingkan diri dengan orang lain, saya bahagia karena energy positif di sekeliling saya menjauhan saya dari sifat iri, saya bahagia menjadi stay at home mom, ikhlas dan bangga dengan posisi baru saya tersebut. Dan yang utama adalah, saya bersyukur  bisa selalu menjadi diri sendiri hingga saat ini. 

Terima kasih untuk mama Aini, mama Sabai, mama Zata, mama Dewi, mama Evi, mama Widha, mama Icha dan mama Echa yang telah berkenan menjadi narasumber saya. Semoga artikel ini dapat menularkan energy positifnya pada setiap mama. Punya tips juga cara bagaimana bahagiakan diri sendiri? Yuk moms cerita di kolom komentar. Mari bahagiakan dirimu and stay possitive moms...

You Might Also Like

19 comments

  1. Ini gue banget pas sampai di bagian ini:

    "... menikmati hal - hal kecil juga cara ringan buat bikin hepi!"

    Dengan tetap melakukan hal-hal yang kita suka sekecil apapun itu juga penting banget, mau itu nonton film di rumah, mendengarkan musik, menikmati kuliner favorit dan lain-lain!"

    Banyak bersyukur juga sangat membantuku bahagia.

    BalasHapus
  2. Benang merah dari semuanya adalah bersyukur dan bersyukur

    BalasHapus
  3. Super Mba, artikelnya keren. Keep rocking....tou can do it. Bahagia itu datangnya dari hati, ketika kita banyak bersyukur atas apa yang Allah berikan insyaallah tidak terlalu banyak tekanan dan jadi bahagia.

    BalasHapus
  4. Kuncinya adalah bersyukur ya Mbak. Saya pernah di posisi, memaafkan orang yang telah mendzalimi itu sangat berat, tetapi jika dengan begitu bisa membuat kita bahagia, why not? Dengan terus berusaha, akhirnya memang bisa memaafkan.

    Makasih sharing indahnya, Mak.

    BalasHapus
  5. Bahagia kalau menurut saya itu bisa menikmati sesuatu yang terjadi. Thank u mbak artikelnya keren banget,, jarang-jarang saya baca artikel bahas gini ^^

    BalasHapus
  6. Mama muda ini beneran cantik dan inspiratif banget yaaa

    BalasHapus
  7. Setuju mba. Kt harus bkn diri kt bahagia. Kalau ga kt siapa lg. Bersyukur unt banyak hal di hidup, coz kebahagiaan itu menularrr loh wkwkkwkw. Thanks for sharinggg.

    BalasHapus
  8. Adem banget pagi-pagi baca inspirasi dari para mamah muda.
    Semoga kebahagiaan ini menular.

    Begini seharusnya yaa...saling support, agar saling menguatkan.

    BalasHapus
  9. Bener, mbak, kunci utama kebahagiaan adalah rasa syukur atas segala apa yang kita miliki.

    BalasHapus
  10. ini yang nulis juga super inspiratif, masih muda, penuh semangat dan selalu berbagi inspirasi pulak. Thank youuu Ayuuuuu..... Love you full deh pokoknyaaa..

    BalasHapus
  11. Setiap mama pasti punya cara uniknya tersendiri buat bahagia ada yang seperti Mab Zata tidur2an aja udah hepi pun sama aku juga gitu bisa tidur tanpa dicolok idung dan matanya sama anak-anak atau bisa tidur tanpa ada yang colek-colek sambil berbisik "bunda aku pengen p*p" itu udah bahagia banget wkwkwk

    yang penting semuanya bisa dilakukan ya mam

    BalasHapus
  12. MasyaAllah, indah ya cerita-cerita mereka. Meskipun dikelilingi berbagai urusan yang luar biasa, tetap bisa menemukan 'bahagia' di setiap aktivitasnya. Super banget. Jujur aku respect banget sama ibu-ibu muda yang bekerja namun tetap bisa menjaga rumah tangga. Thankyou mbak, tulisannya sangat informatif dan menginspirasi saya supaya cepat menikah biar bisa jadi mama bahagia *eh...

    BalasHapus
  13. wah tips bahagianya bisa langsung dipraktikin nih mom, sebagai seorang ibu harus banget bahagia biar anaknya ikutan bahagia. Jadinya bahagia bareng-bareng ya :)

    BalasHapus
  14. Kalo buat aku yang bikin bahagia itu salah satunya waktu ngerjain hobiku yang sering tertunda...tidur siang. 😁 Karena duo bocil ini masih sama-sama balita, jadi susah diajak tidur siang. Untungnya pas weekend suami bersedia mengajak anak-anak bermain dan memberikan mommy untuk membahagiakan diri sendiri dengan tidur siang.

    BalasHapus
  15. MasyaaAllah. Seru baca cerita-cerita para Moms untuk tetap bahagia. Kurang lebih dama, bersyukur ngucapin sama diri sendir apa yang udah kita punya. Mulai dari kesehatan, keluarga, bisa makan enak. MasyaaAllah. Terima kasih sharingnya

    BalasHapus
  16. Ada kak Zata salah satu blogger yang aku suka, pembawaannya selalu ceria dan bikin kita ikutan ceria juga. Sharing sama kak Zata selalu menyenangkan sekali bagiku.

    BalasHapus
  17. Masya Allah mahmud2 enak bgt diliat.. Aku juga mau bahagia terus sama suami dan nanti kalo udah punya anak.. karena hidup itu cuma sekali jadi harus dinikmati :D

    BalasHapus
  18. Bahagia itu sederhana. Bahagia itu ada di kepala. Menikmati setiap apa yang kita lakukan, awali dengan basmallah, akhiri dengan hamdalllah, dan diniatkan untuk ibadah, membuat semua hal berat terasa ringan. It's true! Nice article, mbak! Mengingatkan kembali bahwa banyak hal yang bisa disyukuri.

    BalasHapus

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Silakan tulis komentar :)

Cara mengisi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL Blog, bukan URL postingan. JIka tidak punya blog, kosongkan saja kolom URL, namun jangan lupa isi namanya supaya tidak masuk SPAM. Terima kasih :)

@mamaayuutami