Pengalaman Isolasi Mandiri Mister Pelaut Di Rumah Saat Turun Kapal

pixabaydotcom

Pertengahan bulan maret kemarin tepatnya tanggal 21 Maret 2020, mister pelaut turun kapal karena kontrak kerja dengan perusahaannya telah selesai. Bagi saya, saat Mister Pelaut selesai kontrak artinya libur panjang dan kumpul bersama anak dan istri di rumah.

Namun 'libur panjang' kali ini berbeda dari libur panjang sebelumnya, karena benar-benar sangat panjang efek wabah covid 19 atau corona ini. Yang biasanya di rumah hanya 3 minggu kemudian naik kapal lagi, kali ini lebih dari 1 bulan di rumah. 
Saya ingin cerita pengalaman isolasi mandiri mister pelaut di rumah saat turun kapal lokal rute dalam negeri saja. Saat pertengahan bulan maret kemarin, isolasi mandiri di rumah belum terlalu terdengar himbauannya. Namun mister pelaut sesampainya di rumah, dengan kesadaran sendiri melakukan isolasi mandiri di rumah. Karena ia tidak ingin orang-orang tersayangnya terpapar virus yang mungkin terbawa dari luar rumah.

Berikut langkah - langkah yang mister pelaut lakukan saat mulai isolasi mandiri di rumah :

Pulang Ke Rumah

Saat mister pelaut turun kapal, ia inisiatif menggunakan transportasi mobil online dari kapal menuju rumah dan menghindari naik commuter line, jauh sebelum himbauan untuk tidak menggunakan transportasi umum masal. Lalu ia menghubungi saya minta disiapkan 1 ember kosong ukuran sedang untuk pakaian kotornya dan disinfektan spray yang saya buat sendiri dengan Thieves Young Living Oil

Sesampainya di rumah, ia tetap minta saya menjaga jarak sekitar 1 meter, tidak ada acara cium tangan apalagi berpelukan saat itu, karena ia sibuk memasukkan pakaian yang ia kenakan ke dalam ember, setelah memakai disinfektan gel di seluuh tangan, ia langsung bergegas menuju laundry room dan mencuci sendiri dengan mesin cuci. Saya mendapat tugas menyemprot backpack yang berisi pakaiannya yang kemudian isinya disatukan ke dalam mesin cuci. 

Setelah itu ia langsung mandi serta keramas, hal ini sangat penting dilakukan supaya virus atau bakteri yang mungkin menempel di tubuhnya, luruh terbawa air mengalir. Karena saat itu sudah larut malam, kemudian ia tidur di kamar sebelah terpisah dengan saya dan anak-anak.

Social Distancing
Semenjak pulang ke rumah, mister pelaut hanya di rumah, paling jauh beraktivitas di pekarangan rumah saja.

Konfirmasi
Isolasi mandiri dimulai. Walau saat itu belum ada info bagaimana cara isolasi mandiri di rumah, namun mister pelaut mengambil langkah sendiri untuk proses isolasi mandirinya di rumah. Ia menginformasikan pada yang memiliki kewenangan di komplek rumah, bahwa ia sudah turun kapal dan ada di rumah.

Berjemur
Mulai hari pertama di rumah hingga 14 hari kemudian, setiap  pukul 8 pagi dan menjelang sore pukul 3 sore, mister pelaut berjemur di pekarangan rumah untuk meningkatkan imunitas dengan menyerap vitamin D dari matahari. Karena berjemur memang dianjurkan untuk booster immune.

Asupan Bergizi
Saya menyiapkan ekstra asupan bergizi untuknya, supaya tubuh tetap sehat mendapat asupan yang baik. Saya menambahkan sayuran hijau dan ikan tiap hari disetiap asupannya.

Cairan
Setiap saat saya menyiapkan air putih disetiap sudut aktivitas keluarga di rumah, juga jus dan mengingatkan mereka jika haus langsung minum, begitupun untuk mister pelaut, saya menyediakan teko khusus untuknya jika ia haus dan ingin minum. Itu saya wajibkan hihihi...

Vitamin
Sejak saya mendengar adanya berita virus covid 19 atau corona di media sosial, saya langsung konsisten memberikan anak - anak dan saya vitamin setiap hari, saya memberikan vitamin C untuk keluarga. Begitupun pada mister pelaut, sejak pulang ke rumah, saya selalu memberikannya vitamin C setiap hari. Dan ia sangat kooperatif melakukan langkah-langkah isolasi mandiri ini di rumah.

Buah-buahan
Selain vitamin C berbentuk tablet, saya juga menyiapkan buah-buahan di rumah untuk keluarga seperti tomat, jambu, apel, pisang, semangka, atau buah apapun yang saya temukan di toko buah dekat rumah, saya sediakan di rumah, untuk penyerapan double vitamin keluarga di rumah.  

Essential Oils

young-living

Saya memang punya kebiasaan menggunakan essential Oils untuk kebutuhan menjaga kesehatan keluarga di rumah, seperti diffuse Thieves Young Living setiap pagi supaya virus bandel pergi dan meningkatkan imunitas, diffuse Lemon Young Living siang hari, supaya tetap segar tubuhnya, atau oles-oles RC Young Living pad├Ča malam hari menjelang tidur, sampai dengan diffuse JOY Young living supaya terus feeling happy, semua saya lakukan supaya keluarga tetap happy dan fit.

Tidur Cukup
Saat kita tidur cukup, tubuh akan rileks dan dapat meningkatkan imun tubuh juga, makanya selama isolasi mandiri, saya mewajibkan mister pelaut untuk tidur cepat. Supaya kondisi tubuhnya tetap terjaga dengan baik.

Terpisah
Selama isolasi mandiri di rumah, semua barang-barang milik mister pelaut saya pisahkan dari yang lain, walaupun misalnharus tercampur, biasanya saya sterilkan dengan disinfektan spray buatan saya itu. Dan lagi-lagi hal ini tidak membuat mister pelaut kesal, malah ia mendukung langkah saya dalam memisahkan barang-barang yang ia pakai.

Menjaga Jarak
Selama isolasi mandiri, mister pelaut menjaga jarak dari kami, anak istrinya, tidak ada kontak fisik, hal ini dilakukan karena rasa sayang pada keluarganya yang tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah isolasi mandiri di rumah selama 14 hari, dan saya monitor perkembangannya setiap hari. Alhamdulillah, tidak ada gejala apapun yang mengarah ke virus covid 19 atau corona, mencegah lebih baik daripada mengobati kan. Dan mendeteksi lebih awal lebih baik daripada terlambat. Bersyukur mister pelaut tidak terpapar virus itu, terima kasih ya Allah selalu menjaganya dalam lindungan-Mu. Senangnya, setelah isolasi mandiri 14 hari selesai, mister pelaut bisa memeluk anak-anaknya lagi dan beraktivitas bersama di rumah.

Semoga wabah ini segera berlalu dan dapat beraktivitas kembali seperti sedia kala. Keep healthy everyone and stay at home... 

Tidak ada komentar

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Silakan tulis komentar :)

Cara mengisi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL Blog, bukan URL postingan. JIka tidak punya blog, kosongkan saja kolom URL, namun jangan lupa isi namanya supaya tidak masuk SPAM. Terima kasih :)

@mamaayuutami