Mau Buku Cerita Anak Gratis? Let's Read!

 


"Ma, malam ini baca buku cerita apa? Jangan yang itu lagi ya ma, bosen", kata si sulung. Akhir-akhir ini saya memang mulai membiasakan diri untuk read aloud, yaitu aktif membacakan nyaring buku cerita pada anak. Karena saya terbilang sangat baru dalam hal ini, maka koleksi buku cerita yang saya  miliki kurang bervariatif. 
 
Gathering Online Blogger Perempuan Network Dan Let's Read Indonesia
Bak gayung bersambut, minggu lalu tepatnya tanggal 11 mei 20121, saya menerima invitation gathering online bertema Buku : Bekal Anak Bertumbuh bersama Blogger Perempuan Network digital platform blogger dan Let's Read Indonesia.


Acara berlangsung kurang lebih sekitar 2 jam dengan panduan mbak Desy Yusnita dari BPN dan didampingi oleh kak Elsa dari Let's Read Indonesia. Namun tak semenitpun saya merasa bosan mengikuti acara ini, karena seluruh isi acara menurut saya sangat bermanfaat.

Yang membuat saya bersemangat dari awal yaitu kami memulai acara dengan kuis dengan hadiah yang lumayan bagi saya. Kemudian acara berlanjut dengan pengenalan The  Asia Foundation.

The Asia Foundation, berdiri sejak tahun 1955 dan memiliki program pertama yaitu Books For Asia (BFA). Ada 3,5 juta eksemplar buku yang didonasikan untuk Indonesia. Pada tahun 2017 mulai diperkenalkan Let's Read.

Bagi moms yang belum familiar, Let's Read Indonesia adalah perpustakaan digital dari komunitas literasi serta The Asia Foundation, aplikasi yang berisi buku cerita anak yang bisa didapatkan secara Free, iya moms geratisssss tiss tiss.

Buku cerita anak yang ada di perpustakaan digital ini tersedia dengan beragam bahasa asing, bahasa indonesia maupun bahasa daerah,  semua dapat moms download atau print sebanyak-banyaknya untuk dibagikan pada keluarga,  teman, kerabat  di dunia pendidikan seperti paud, tk atau orang- orang yang membutuhkan buku cerita anak untuk menumbuhkan minta baca mereka tanpa dipungut biaya. Walau ada beberapa oknum yang tetap saja berusaha memanfaatkan niat baik ini, dengan sengaja menjual buku cerita gratis dari Let's Read Perpustakaan Digita. Menyedihkan.
 
Read Aloud (Membaca Nyaring)
Siapa moms yang sering melakukan Read Aloud bersama anak-anak di rumah, hayo tunjuk tangan? Read Aloud adalah membacakan nyaring yang ternyata memiliki efek baik bagi pendengarnya moms. Sayapun baru mengetahui banyak manfaatnya setelah mengikuti acara ini. 


Dalam acara gathering online kemarin, komunitas Read Aloud Indonesia dengan founder Mom Roosie Setiawan, ikut berbagi tentang manfaat dari membacakan nyaring buku cerita bagi anak.

Kemarin mom Roosie melakukan Read Aloud yang didengarkan seluruh peserta gathering online yang hadir. Buku cerita anak yang dibawakan berjudul "Daisy Yang Hebat", salah satu buku cerita anak yang ada di perpustakaan digital Let's Read Indonesia.

Selama ini, saya hanya melakukan read aloud pada anak, jadi saya tidak mengetahui dari sisi orang yang mendengarkan dari Read Aloud yang saya lakukan selama ini. Dan moms, percayalah, ada rasa rileks, nyaman dan happy saat mendengarkan read aloud mama Roosie. Ternyata selama ini, perasaan ini yang dirasakan anak-anak saat saya membacakan nyaring buku cerita. Entah mengapa muncul rasa haru.

Mom Roosie menambahkan, banyak sekali manfaat dari membacakan nyaring untuk perkembangan anak, salah satunya adalah semakin luasnya kosa kata yang dimiliki anak, dan saya menyetujui hal itu. Banyak perbendaharaan kata yang diketahui anak-anak saya saat ini, semenjak saya sering read aloud buku cerita.

Saya semakin semangat ingin konsisten melakukan read aloud bersama anak-anak, tentunya dengan kemudahan dari perpustakaan digital Let's Read Indonesia. Pilih-pilih dan print untuk persiapan Read Aloud nanti malam nih. Moms masih bingung cara mendapatkan buku cerita anak gratis di perpustakaan digital Let's Read? Sangat mudah moms, berikut caranya :

Unduh (Download) Di Play Store Android

Bahasa Aplikasi Dan Buku Cerita

Izin Pengunduhan

Unduh Buku

Siap Baca
Yes moms, semudah itu cara mengunduh dan membaca buku cerita di aplikasi perpustakaan digital Let's Read. Jika moms ingin membuat versi cetak, dapat langsung print file pdf buku cerita yang telah moms unduh.

Semoga sharing Maiko kali ini dapat beramanfaat bagi semua dan dapat meningkatkan minat baca dengan segala kemudahan yang ada. Selamat read aloud bersama keluarga tersayang moms. Salam literasi...
 

23 komentar

  1. Bagus nih aplikasinya. Ibaratnya mendongeng versi digital ya. Pengen ah aku praktekin ke anak-anak.

    BalasHapus
  2. Wah, edukasi yg mantab banget ini, Mbaaa
    Memang ortu kudu memberikan pengalaman yg terbaik buat anak, ya.
    Termasuk membaca dgn nyaring, ini bener2 bisa memberikan best experience dan ningkatkan bonding juga.
    makasi sharing-nya ya

    BalasHapus
  3. Nah, aku suka banget bisa dapat akses buku bagus gratis pla, ini udah mau nyari mitra dulu buat cetak ini. naksir banyak aku buku-bukunya, hehehe

    BalasHapus
  4. kalau versi digital gini anak2 juga suka..terus kan praktis ya. Paling buku fisik perlu juga beberapa.
    Bagus2 ya ceritanya mba, aku mau nyobain download ah

    BalasHapus
  5. Tempo hari aku sudah download letsread tp karena masalah memori jadi aku uninstall. Ni uda ada gawai baru malah belum install lagi hehehe
    Sekarang anak2 masih aku biasakan baca buku cetak. Soal baca, anak kedua tampak lebih antusias drpd anak pertama sih :)

    BalasHapus
  6. iyaa inilah salah satu kelebihan dari let's read
    bukunya bisa diakses secara gratis
    sudah gitu buku bukunya banyak dan beragam ceritanya
    ada dalam berbagai bahasa jug

    BalasHapus
  7. Gabung ke Let's Read Indonesia tentunya bisa nambah buku bacaan buat anak dong ya. Apalagi buku digitalnya bisa diunduh lanjut diprint. Ok banget dah.

    BalasHapus
  8. Aku happy banget semenjak tau ada Let's Read Indonesia ini, jadi bisa membacakan cerita kapan saja. Begitu juga sebaliknya, si kecil juga bisa membaca kapan saja dan lebih praktis tentunya.

    BalasHapus
  9. Aku juga udah unduhnih, variasi ceritanya banyaaaak banget. Jadi semangat read aloud juga akunya dan jadi bisa agak hemat budget buat beli buku ya. hehehe

    BalasHapus
  10. yang aku suka dari aplikasi Let's read ini tersedia dalam banyak bahasa ibu dan banyak cerita yang menarik untuk dibacakan pada anak

    BalasHapus
  11. Semua orangtua yang sudah instal aplikasi Let's Read wajib banget nih berterima kasih dengan aplikasi ini, cerita dan visual gambarnya bagus bikin anak betah baca berlama-lama jadi menumbuhkan minat bacanya

    BalasHapus
  12. Zaman sebelum covid kami sering ke toko buku, anak2 minim beli satu buku. Sekarang susah sementara buku di rumah udah abis terbaca hehe
    Let's read ini mayan banget buat nambah koleksi bacaan anak sehingga anak makin banyak bacaan di rumah ya

    BalasHapus
  13. Webinarnya sangat berkesan yaa, kak.
    Jadi meningkatkan awareness kita juga sebagai orangtua bahwa budaya membaca ini harus terus dibiasakan bahkan ketika anak-anak masih kecil, yakni dengan Read Aloud.

    BalasHapus
  14. Sekarang ga bosen kagi dong ya, udah ada banyak bahan bacaan di Let's Read untuk dibacakan tiap hari

    BalasHapus
  15. Let's Read ini menolong ibu-ibu untuk hemat juga ya. Karena bisa mengakses cerita bergambar untuk anak berkualitas bagus secara gratis. Bisa diunduh dan dicetak juga.

    BalasHapus
  16. Bagus banget aplikasinya Let's Read, baca buku bisa ngisi waktu anak di rumah ya mbak. Enak deh anak jaman sekarang teknologi udah canggih, perpustakaan pun digital. Bisa akses di mana aja dan kapan aja. Makin semangat pasti belajar bacanya.

    BalasHapus
  17. Seneng ya mba aplikasi Let's Read ini keistimewaannya bisa diunduh secara gratiss dah banyak banget anak2ku langsung unduh bbrp cerita jadi bisa dia baca kapanpun

    BalasHapus
  18. bagus bagus ya buku ceritanya, saya juga suka buka let read Indonesia untuk membacakan buku untuk anakku, seneng dia

    BalasHapus
  19. yeahh koleksinya Lets Read emang bagus2 buat bahan bacaan anak2.. Jadi gak bingung lagi cari bahan bacaan buat anak2..

    BalasHapus
  20. Aku pas kecil, kalau belajar juga yang modelnya harus dibaca kenceng, lebih mudah terserap di otak memang..

    BalasHapus
  21. alhamdlillah udah langganan lama diriku mam.
    kelak kalo ada anak mau kenalin ini juga ke anak
    sementara ke keponakan dulu

    BalasHapus
  22. Bagus aplikasinya. Jadi pingin download juga. Bisa buat bahan membaca bareng anak, ya 😃

    BalasHapus
  23. Menarik nih aplikasinya. Tapi baru ada di androis aja ya? Pengen aku kenalib aplikasi ini ke krucil. Karena jujur aku udah gak pernah bacain mereka dongeng lagi.

    BalasHapus

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Silakan tulis komentar :)

Cara mengisi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL Blog, bukan URL postingan. JIka tidak punya blog, kosongkan saja kolom URL, namun jangan lupa isi namanya supaya tidak masuk SPAM. Terima kasih :)

@mamaayuutami