Yuk, Jadi Konsumen Cerdas Dan Selalu Percaya Pada Kata BPOM!


"Maiko, snack 'A' yang lagi viral, katanya ngga bagus untuk anak-anak", "Maiko, wajahnya glowing banget, pakai skincare apa? beli online ya? ngga abal-abal kan?", "De, kamu minum suplemen 'ABCD' tiap hari? katanya ngga boleh lho". Hampir tiap hari, saya berkomunikasi dengan keluarga, kerabat serta teman, ada saja yang kami bahas, dari masalah skincare, obat-obatan sampai dengan masalah makanan yang sedang viral.

Dulu setiap ada keluarga, kerabat serta teman yang menginformasikan pada saya tentang produk apapun, saya langsung menerima mentah-mentah informasi dari mereka tanpa saya saring maupun crosscheck lebih detil terlebih dulu. Walhasil, informasi yang saya terima tidak selalu benar faktanya alias hoaks, dan ikut tersebar oleh saya. 


Sekarang saya lebih hati-hati dalam menerima informasi dan memberikan pada orang lain, supaya tidak ada orang yang dirugikan dari informasi yang saya teruskan.

Dari yang awalnya saya mencari validasi informasi dengan search di internet, akhirnya saya mencari cara jitu menjadi konsumen cerdas, dengan cari sumber terpercaya untuk mendapatkan informasi yang valid tentang produk atau makanan yang saya cari. Dan saya menemukan Aplikasi resmi dari Badan POM(BPOM) yaitu BPOM Mobile. 

BPOM Mobile dapat di-download melalui App Store dan Google Play di smartphone.



Dalam BPOM Mobile ini, semua informasi dapat dilihat secara lengkap. 

Sebagai Konsumen cerdas, kita harus meningkatkan literasi agar pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang Obat dan Makanan melalui berbagai sumber informasi terpercaya. Dan peluncuran Kata BPOM adalah upaya BPOM mencegah hoaks dan sebagai sumber informasi seputar Obat dan Makanan.

Cara Memastikan Suatu Produk 

  • Cek KLIK, cek Kemasan, Label, Ijin Edar dan Kedaluarsa Produk.

  • Cek Ijin Edar Produk dengan BPOM Mobile (Aplikasi untuk mengecek produk Obat dan Makanan yang terdaftar di BPOM dengan cara memindari (scan) 2D Barcode. Aplikasi tersedia di App Store dan Google Play.

  • Lawan hoaks tentang obat dan makanan melalui cek fakta melalui situs web pom.go.id (pilih menu berita klarifikasi BPOM).
Contoh Produk

Ini adalah salah satu produk yang biasa saya gunakan di dapur, sekarang setiap akan berbelanja, saya selalu ceKLIK untuk memastikan kalau produk-produk yang saya beli sudah terdaftar di BPOM.


Tertera informasi lengkap dari produk yang saya beli.

Semua informasi berlaku untuk produk lainnya seperti skincare maupun obat-obatan. Bahkan, di aplikasi ini, saya mendapatkan tips tentang penggunaan suplemen yang aman untuk saya konsumsi setiap hari, supaya tubuh mendapat manfaat maksimal dari asupan tersebut.

Selain mencari informasi dari BPOM Mobile, kita juga dapat mencari informasi produk ke BPOM melalui HALO BPOM 1500533 atau unit layanan pengaduan konsumen BPOM di seluruh Indonesia.

Dan yang lebih update lagi, Informasi lebih lanjut tentang obat dan makanan  bisa kita dapat melalui :

Website BPOM : www.pom.go.id
Instagram : bpom_ri
Twitter : @BPOM_RI
Facebook : bpom.official

Jadi, sekarang kalau ada yang tanya dari mana sumber informasinya, dengan mantap saya akan menjawab 'Kata BPOM'.

Yuk moms, download BPOM Mobile, follow semua media sosialnya, jadi konsumen cerdas dan selalu percaya pada KataBPOM! Ingat ya moms...
"Bukan Kata Orang Pastikan KataBPOM”

8 komentar

  1. sama nih. aku juga kalau mau beli barang buat dikonsumsi sama buat kecantikan selalu cekklik bpom. bukan cuma buat antisipasi diri. tapi buat investasi badan di masa depan juga

    BalasHapus
  2. Nah si mamah aku kudu dikasi tau ini nih. Kbanyakan suka kena berita hoax, simpang siur. Diikuti mentah2..padahal bisa cek dulu ke badan ahlinyaa ya mba

    BalasHapus
  3. Wah, praktis sekali ya kita bisa cek produk yang akan dibeli melalui BPOM Mobile :) Skincare, obat-obatan, makanan, minuma dan segala kebutuhan hidup kita, sebaiknya memang harus dicek dahulu kedaluarsanya, bahan-bahannya dari apa saja dll. Supaya kita tenang dan tetap menjaga kesehatan dengan baik.

    BalasHapus
  4. Kehati-hatian kita dalam menggunakan produk, baik itu makanan, skincare, obat dan lainnya, akan melindungi kita dari risiko berbahaya. Mengecek nomor BPOM pada suatu produk adalah cara baik yang kita tempuh agar selamat.

    BalasHapus
  5. Kudu cek dan ricek selalu.
    Dan udah paling bener, andalkan BPOM.

    Supaya kita ngga kejebak dgn "katanyaaaa.....
    "katanyaaaaa 👍

    BalasHapus
  6. KIta harus selalu jeli dalam memilih produk yang aman buat keluarga yah karena iklannya suka pada dahsyat dan membuat kita tergiur. Untunglah sekarang bisa cek BPOM dengan mudah lewat aplikasi yaaah

    BalasHapus
  7. salah satu syarat wajib membeli produk apapun harus cek sudah masuk dalam BPOM belum, karena kalo belum pastinya belum lulus keamanannya

    BalasHapus
  8. Samaaaa. Skr kalo beli suplemen atau skincare apapun, pasti aku juga cek BPOM nya mba. Pernah waktu itu hampir tergiur beli suplemen kulit, testimoninya banyaaak. Tapi pas aku tanya udh BPOM atau blm, jawabnya BPOM dari Malaysia. Yakaliii aku bisa ngecek BPOM malaysia. Ya mungkin bisaaa, tapi kan resikonya gede Krn bukan dr BPOM kita. Aku batal beli akhirnya. Mnding beli yg pasti deh

    BalasHapus

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Silakan tulis komentar :)

Cara mengisi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL Blog, bukan URL postingan. JIka tidak punya blog, kosongkan saja kolom URL, namun jangan lupa isi namanya supaya tidak masuk SPAM. Terima kasih :)

Maiko