Book Review - Potret Wanita Mulia Sepanjang Zaman Aisyah Radhiallahu 'Anha


Rutinitas sebagai ibu rumah tangga di rumah yang harus dilalui setiap hari kadang ada titik jenuh dan rasa bosan, hiburan yang dapat dilakukan seringkali seputar itu-itu saja, mendengarkan lagu, menonton drama kesukaan, scroll media sosial. Mungkin dapat menghibur sesaat, namun ada rasa kurang setelah selesai.

Sudah lama saya tidak intens membaca buku. Setelah menimbang-nimbang akhirnya saya memutuskan beli buku untuk bacaan santai di rumah. Sejak lama saya ingin sekali membaca buku ini, kisah tentang salah satu istri Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu Aisyah Radhiallahu 'Anha. Istri yang sangat dicintai Rasulullah ﷺ dan dikenal sebagai wanita mulia sepanjang zaman.

Sebenarnya saya menyukai buku ringan seperti komik atau novel roman kebanyakan, namun entah kenapa kali ini saya ingin sekali membaca buku ini.

Buku setebal 24cm dengan halaman sebanyak 404 halaman ini adalah karya dari As-Sayyid Sulaiman An-Nadwi dan diterbitkan oleh Penerbit Insan Kamil - Solo, dengan judul terjemahan Aisyah Radhiallahu 'Anhu Potret Wanita Mulia Sepanjang Zaman.

Jujur biasanya seringkali saya mengantuk saat membaca sirah nabi atau riwayat nabi, karena terlalu berat. Beberapa teman saya menyarankan untuk membaca buku ini dulu sebelum masuk ke buku bacaan sirah nabi yang lebih berat.

Dan takjub saat mulai membaca buku ini, tidak ada halaman yang saya lewatkan tanpa senyum dan tersipu saat membacanya. 

Masa Kanak-Kanak Aisyah

Pendahuluan buku dimulai dengan silsilah Aisyah Radhiallahu 'Anha , dan masa kanak-kanak beliau. Siapa sangka saat Aisyah Radhiallahu 'Anha kanak-kanak ternyata sama seperti anak-anak kebanyakan yang senang bermain bersama teman-teman sebayanya dan menyukai boneka. Namun memang sejak kecil Aisyah Radhiallahu 'Anha memiliki tingkat kecerdasan diatas rata-rata anak-anak seusianya. 

Pernikahan Penuh Berkah

Selanjutnya masuk ke Bab Pernikahan penuh berkah Rasulullah ﷺ dengan Aisyah Radhiallahu 'Anha. Percayalah, kisah dalam buku ini melebihi buku romansa yang biasanya ada dalam novel-novel percintaan. Dan ini nyata dilakukan oleh Nabi Muhammad dengan istrinya. Dari buku ini, saya mengetahui cara Rasulullah ﷺ memperlakukan semua istrinya dengan baik. Bagaimana cara beliau  menegur dengan lembut saat Aisyah Radhiallahu 'Anha menceritakan postur tubuh orang lain yang membuat Rasulullah ﷺ kurang nyaman.

Aisyah RA sangat mengagumi suaminya, ia mencintai bukan hanya karena ketampanan Rasulullah ﷺ, namun juga karena kepandaian, sopan santun dan budi pekerti beliau yang akhirnya ia meng-claim bahwa dirinyalah yang lebih mencintai Rasulullah ﷺ melebihi rasa cinta Rasulullah ﷺ  padanya.

Aisyah RA juga seperti wanita kebanyakan yang sangat manja serta cemburu pada suaminya. Dan Rasulullah ﷺ selalu memanjakan istri tercintanya ini dengan tatapan beliau yang lembut dan penuh kasih sayang. Mendengarkan dan memperhatikan dengan seksama setiap istrinya sedang bercerita, namun Rasulullah tidak pernah meninggalkan sholat walau sedang bersama istri tercintanya.


Istri Tercinta

Rasulullah ﷺ sangat mencintai Aisyah RA, beliau selalu ingin terus bersamanya, diantara bentuk kelemah lembutan Rasulullah ﷺ kepada Aisyah RA adalah dengan bercanda, melucu dan begadang demi mendengar cerita-cerita istri tercintanya. Rasulullah ﷺ pun sosok yang sangat romantis, sering kali beliau memanggil istrinya dengan panggilan sayang seperti wahai istriku..., wahai Aisyahku..., wahai kekasihku...


Didikan Rasulullah 

Walau Rasulullah ﷺ sangat mencintai istrinya, namun beliau tidak pernah lepas menuntun, mengarahkan serta mengajarkan ilmu agama pada istrinya, seringkali Aisyah RA menanyakan lagi maksud dari wahyu yang Allah turunkan pada Rasulullah ﷺ, dan beliau dengan sabar menjelaskan pada istrinya isi wahyu yang Allah turunkan pada beliau. Ada kalanya Aisyah berontak dengan isi wahyu yang Allah turunkan, namun beliau dengan tegas menuntun istrinya untuk selalu ridho dengan putusan Allah. Fitrah wanita memang mencintai dan tidak rela orang yang dicintainya terluka, makanya Rasulullah ﷺ selalu sabar mengingatkan istrinya untuk senatiasa ikhlas dan sabar.


Selepas Rasulullah  Wafat

Saat membaca Bab Rasulullah wafat membuat hati tersayat, seperti ikut merasakan sedihnya teramat sangat Aisyah RA kehilangan suami tercinta dipangkuannya. Selepas Rasulullah wafat, kepemimpinan Rasulullah diambil alih oleh khalifah Utsman bin Affan. Dibalik sosok Aisyah RA yang penyayang dan cerdas, beliau juga adalah sosok pemberani. Aisyah RA sendiri yang memimpin pasukan sebanyak 3000 tentara membawa bendera perdamaian dan menuntut kejelasan terbunuhnya khalifah Utsman bin Affan dari pemberontak.

Aisyah RA Wafat

Istri tercinta Rasulullah wafat pada usia 67 tahun, bersamaan dengan berakhirnya kekuasaan Muawiyah. Beliau sakit sejak bulan Ramadhan tahun ke-58 Hijriyah.


Julukan Aisyah RA

Aisyah RA memiliki beberapa julukan atau panggilan antara lain anak Abdullah, Ummu Abdullah dan Ummul Mukminin.

Dalam buku Aisyah RA tidak hanya berisi tentang kisah Ummul Mukminin, namun juga tentang ilmu agama dan sunnah-sunnah yang beliau terapkan atas yang diajarkan saat Rasullullah masih bersamanya.

Sampai di sini Book Review - Potret Wanita Mulia Sepanjang Masa Aisyah Radhiallahu 'Anha. Semoga isi buku ini dapat menginsiprasi kita dan menjadi buku bacaan bermanfaat untuk di rumah. Sampai ketemu di book review selanjutnya...





19 komentar

  1. Buku Aisyah Istri Rasulullah ini mengajarkan kita terutama kaum perempuan untuk menjadi manusia yang sangat mulia. Ya, fitrah kita untuk dicintai suami masya allah ya mbak. Sabar, ikhlas, sopan-santun istri dan suami ini insya allah menambah cinta kasih sayang keluarga.

    BalasHapus
  2. Teladan bangetttt, para istri kudu berguru dgn sosok satu ini


    MasyaAllah, inspirasi blio menembus ruang dan waktu ya

    BalasHapus
  3. Masya Allah begitu banyak yang bisa kita teladani Aisyah ra istri Rasulullah
    Buku yang menarik - Potret Wanita Mulia Sepanjang Masa Aisyah Radhiallahu 'Anha. Bisa jadi insiprasi kita yang bisa diambil manfaatnya . Terima kasih sudah menuliskan reviewnya Mba

    BalasHapus
  4. Masya Allah, sosok Aisyah yg luar biasa. Orang pilihan banget ya, jodoh rasul.
    Aku kenapa bayangin beliau pas bawa tentara segitu banyaknya ya Allah. Pasti banyak hikmah dan pelajaran dari buku ini..

    BalasHapus
  5. Eh, kayaknya di rumah saya ada deh buku ini, tapi warna covernya pink. Belum saya baca. Jadi mau baca deh pas baca reviewnya disini... cuss ah cari.

    BalasHapus
  6. Terharu membacanya mbak
    Ghirah yang kita dapat, memang berbeda ya dengan kalau kita belum hijrah

    BalasHapus
  7. Masya Allah, aku baca ini kok terharu ya...membayangkan perlakuan Rasulullah ke Aisyah ini sangat istimewa sekali ya. Pingin baca buku ini jadinya

    BalasHapus
  8. Tebaaal mbak...kalau isinya tidak menarik, pasti tak akan tuntas membacanya. Bersyukur mama ayu bisa menikmati buku ini dan mendapatkan banyak pelajaran ya... Saya nonis dan tidak tahu banyak ttg Aisyah. Tapi kemarin2 lumayan sering dengar lagu Aisyah yg viral itu..soalnya diputer di mana2

    BalasHapus
  9. Salah satu hikmah bahwa beliau dinikahi rosululloh masih muda adalah bahwa kita jadi mengetahui bagaimana rumah tanggal beliau dan rosululloh dalam kesehariannya dan sunnah-sunnah yang seharusnya ditiru. Ini tidak akan tersampaikan kepada kita jika saja Aisyah RA sudah berumur. Kecerdasannya dalam mengingat hadist sungguh luar biasa.

    BalasHapus
  10. Masha Allah gak salah memang rasulullah meminang aisyah ra jadi istrinya..memang semulia itu akhlaknya bunda kita. Semoga bisa mencontoh akhlaknya yg mulia aamiin

    BalasHapus
  11. Subhanallah
    Ini buku yang inpiratif dan mengandung banyak hikmah ya mbak
    Kita bisa meneladani sikap sikap Ibunda Aisyah ini

    BalasHapus
  12. MashaAllah~
    Aku baca yang Khadijah, Cinta Pertama Rasululloh ﷺ kak..

    Dan belum punya Potret Wanita Mulia Sepanjang Masa Aisyah Radhiallahu 'Anha.
    Semoga aku bisa ikut menyimak mengenai kisah cinta Rasulullah ﷺ terhadap istri-istri beliau dan mengambil hikmahnya agar bisa memiliki rumah tangga yang sakinnah mawaddah dan warahmah, selamat dunia akhirat.

    Wallahu 'alam bishowab.

    BalasHapus
  13. Duh covernya unyu, perpaduan warnanya cakep.

    Aisyah wanita cerdas nan mulia yang menjadi andalan Rasulullah untuk mengajar para istri. Masya Allah, semoga kelak bisa bertemu dengannya

    BalasHapus
  14. Duhai Aisyah, sosok tauladan muslimah, ingin sekali kuikuti kisahmu yang ada di buku ini. Terbayang betapa sayangnya Rasulullah padamu dan memberikan banyak tuntunan.

    BalasHapus
  15. Wah jd keinget udah lama gak baca buku2 shiroh. Ini khusus membahas tentang Aisyah ya mbak? Jd pengen baca bukunya juga deh. Apalagi gakhanya berisi ttg sejarah hidupnya tapi juga ttg sunnah2 juga tertulis di sana ya? TFS info dan review bukunya.

    BalasHapus
  16. Baca kisah Rasulullah dan Bunda Aisyah memang lebih baper daripada drakor ya Mak, beliau begitu menyayangi, menghormati dan tak bosan mendidik istrinya hingga jadi perempuan tangguh dan berilmu

    BalasHapus
  17. Buku bacaan seperti ini kalau bisa memang harus tersedia di rumah, buat dibaca2, diimplementasikan dalam keseharian. Kesabaran Rasulullah terhadap istri bisa menjadi teladan buat suami2 ya, Makk.

    BalasHapus
  18. Masya Allah, sunggu buku yang inspiratif. Saya pun sudah lama tidak mengisi waktu dengan membaca buku, mbak. Malahan dipakai untuk scrolling timeline medsos. Huhuhu. Padahal masih ada buku di rak yang belum juga dibaca.

    BalasHapus
  19. Dulu zaman sekolah aku sering disuruh papa baca buku2 ttg sahabat nabi, istri nabi ataupun kisah2 kenabian yg dulu. Beberapa buku aku suka, Krn cara oenulisan yg kayak story' telling. Tapi ada juga yg ga suka dan malah bosen. Mungkin Krn kaku sih Yaa 😅.

    Jadi memang buku begini hrsnya dibuat dgn cara menarik yg ga bikin ngantuk.krn toh ini termasuk sejarah.

    BalasHapus

Selamat datang! Terima kasih telah berkunjung.

Silakan tulis komentar :)

Cara mengisi komentar::
Pilih NAME/URL lalu isi dengan URL blog. URL Blog, bukan URL postingan. JIka tidak punya blog, kosongkan saja kolom URL, namun jangan lupa isi namanya supaya tidak masuk SPAM. Terima kasih :)

Maiko